Analisis Strategi Perusahaan Informasi dan Komunikasi Pada Wilayah Telekomunikasi Malang

Utami, Mia Tri (2018) Analisis Strategi Perusahaan Informasi dan Komunikasi Pada Wilayah Telekomunikasi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, kebutuhan internet semakin meningkat oleh masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Penyedia Layanan Internet Indonesia, masyarakat Indonesia telah mengalami peningkatan permintaan internet dari 2005-2014. Kondisi ini berdampak pada industri telekomunikasi seperti PT X sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi yang telah menjadi perusahaan monopoli dengan kontrol atas seluruh industri telekomunikasi. PT X memiliki produk terlaris yaitu produk X. Namun, sejak tahun 2014 banyak pesaing telah mulai memperluas pasar telekomunikasi dan mereka telah mulai memasarkan produk serupa untuk bersaing dengan produk X. PT X, khususnya di daerah Malang mengalami dampak dari banyak pesaing di industri telekomunikasi, seperti persentase penurunan pangsa pasar dari 2016 hingga 2017 dan meningkatnya jumlah pelanggan produk X yang memutuskan untuk berhenti menggunakan produk. Ini menunjukkan menurunnya kesetiaan pelanggan terhadap produk X. Berdasarkan identifikasi observasi, perlu untuk menetapkan strategi yang tepat dengan kondisi internal dan eksternal PT X. Metode dalam penelitian ini terdiri dari tahapan masukan, pencocokan dan keputusan. Pada metode masukan terdiri dari matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Pada tahap pencocokan terdiri dari matriks Threat, Opportunity, Weakness, Strength (TOWS) dan Internal External (IE). Pada tahap keputusan yaitu menggunakan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan konsep manajemen strategis menggambarkan bahwa formulasi strategi dapat dibentuk dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah tahap input yang terdiri dari matriks IFE dan EFE. Tahap kedua adalah tahap pencocokan yang terdiri dari TOWS dan matriks IE. Tahap ketiga adalah tahap keputusan yang terdiri dari matriks QSPM. Hasil penelitian, total skor matriks IFE adalah 2,625 dan skor total matriks EFE adalah 3,609. Skor ini menentukan posisi perusahaan di kuadran 2 (tumbuh dan dibangun). Strategi yang tepat untuk perusahaan adalah strategi intensif dan strategi integrasi. Menurut hasil TOWS dan matriks IE, strategi alternatif yang dipilih adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Pada tahap QSPM, ditemukan bahwa strategi prioritas yang berlaku untuk PT X adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, integrasi ke belakang dan strategi integrasi horizontal. Strategi penetrasi pasar dapat: bertujuan untuk memaksimalkan promosi di daerah dengan infrastruktur yang ada dan juga mensosialisasikan perubahan tarif, sehingga menarik konsumen baru di pasar yang ada. Strategi pengembangan pasar bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan promosi di daerah tanpa infrastruktur, juga untuk meningkatkan kegiatan pemasaran di Kabupaten Malang. Strategi integrasi ke belakang bertujuan untuk maksimalkan kerja sama dengan pemasok bahan utama produk yang serat optik.

English Abstract

Nowadays, internet needs are expended increasingly growing by society. Based on data obtained from Indonesian Internet Service Providers Association, Indonesian society has experienced an increase internet demand from 2005-2014 Indonesian. This condition give an impacts to the telecommunications industry such as PT X as one of telecommunication company that had become a monopoly company with the control over the entire telecommunications industry. PT X has a top-selling product namely product X. However, since 2014 many competitors have begun to expand the telecommunications market and they have begun market similar products in order to compete with product X. PT X, especially in Malang area experienced the impact of many competitors in the telecommunication industry, such as market share percentage decline from 2016 to 2017 and the increasing number of product X customers who decided to stop using the product. It indicates decreased customer loyalty to product X. Based observation identification, it is necessary to establish the right strategy with the internal and external conditions of PT X. The method in this research are input stage, matching stage and decision stage. Input stage consists of matrix Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE). Matching stage consists of matrix Threat, Opportunity, Weakness, Strength (TOWS) and Internal External (IE). Decision stage consist of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Based concept on strategic management describe that strategy formulation can be established within 3 stages. The first stage is the input stage consists of IFE and EFE matrices. The second stage is the matching stage consists of TOWS and IE matrix. The third stage is the decision stage consists of QSPM matrix. The result of the research, total score of IFE matrix is 2.625 and total score of EFE matrix is 3.609. These score define that company’s position is in quadrant 2 (grow and build). The appropriate strategy for the company are intensive strategies and integration strategies. According to the result of TOWS and IE matrix, the selected alternative strategies are market penetration, market development, backward integration and horizontal integration. In the QSPM stage, it is found that priority strategy which applicable to PT X is market penetration, market development, backward integration and horizontal integration strategies. Market penetration strategy can aims to maximize the promotion in the area with existing infrastructure and also to socialize the change of tariff, so that it attracts new consumers in the existing market. Market development strategy aims to maximize promotional activities in areas without the infrastructure, also to increase marketing activities in district of Malang. Backward integration strategy aims to maximize the cooperation with the main material supplier of products that is fiber optic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/423/051805254
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks IFE Matriks TOWS, Matriks QSPM Management Strategic, EFE Matrix, IE Matrix IFE Matrix, TOWS Matrix, QSPM Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:43
Last Modified: 21 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12639
[thumbnail of Mia Tri Utami.pdf] Text
Mia Tri Utami.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item