Pencahayaan Alami Pada Ruang Kelas (Studi Kasus Gedung Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang)

Nuha, Muhammad Ulin (2018) Pencahayaan Alami Pada Ruang Kelas (Studi Kasus Gedung Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencahayaan alami pada ruang kelas gedung Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang ini membahas tentang solusi dan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas penggunaan pencahayaan alami sesuai dengan standar. Masalah yang terjadi pada bangunan adalah intensitas cahaya yang tinggi dan pencahayaan alami ruang yang tidak merata. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kajian tentang solusi untuk penerapan pencahayaan alami pada ruang kelas dengan acuan standar SNI. Penerapan pencahayaan alami ini diperoleh dengan melakukan modifikasi pada dimensi bukan, material kaca, sun shadding dan reflektor cahaya/lightshelf. Dimensi bukaan terkait dengan nilai WWR (Window to Wall Ratio) sesuai standar ditetapkan antara 25-50%, sedangkan material kaca yang digunakan adalah insulating glass yang memiliki nilai transmisi cahaya yang lebih kecil dari kaca eksisting (bening/clear). Desain sun shadding diintegrasikan dengan peggunaan reflektor cahaya/lightself yang ditempatkan di dalam ruang, sehingga lebar sun shadding yang berada di luar dapat diperkecil. Aplikasi reflektor cahaya/lightself yang paling pokok adalah mendistribusikan cahaya ke dalam ruang dengan cara memantulkan cahaya ke langit-langit sehingga dapat meratakan pencahayaan dalam ruang.

English Abstract

Natural lighting in the classroom of Social Science Faculty’s Building, State University of Malang is discussing about solutions and strategies undertaken to improve the quality of use of natural lighting in accordance with the standards. Problems that occur in the building is the high light intensity and natural lighting uneven space. Therefore a study of solutions for the application of natural light in the classroom with reference to SNI standards is required. The application of natural lighting is obtained by modifying of dimensions, glass materials, sun shadding and light reflectors/lightshelf. The open dimensions associated with the WWR (Window to Wall Ratio) standards are set between 25-50%, while the glass material used is insulating glass that has a smaller light transmission value than the existing glass (clear glass). The sun shadding design is integrated with the use of light reflectors/lightshelf placed inside the room, so the width of sun shadding outside can be minimized. The most common application of light reflector/lightshelf is to distribute light into space by reflecting light to the ceiling so it can flatten the lighting in space.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/419/051805250
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, sun shadding
Subjects: 700 The Arts > 729 Design and decoration of structures and accessories > 729.2 Design in horizontal plane > 729.28 Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:55
Last Modified: 21 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12627
[thumbnail of Muhammad Ulin Nuha.pdf]
Preview
Text
Muhammad Ulin Nuha.pdf

Download (15MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item