Analisis Strategi Pemasaran Produk Minuman Pada PT. King Asia Food

Difitri, Arum Bunga (2018) Analisis Strategi Pemasaran Produk Minuman Pada PT. King Asia Food. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, persaingan antar pasar industri dalam sektor makanan dan minuman semakin kompetitif. Berdasarkan data yang diperoleh dari Gapmmi, bahwa industri makanan dan minuman tahun ini tumbuh sebesar 8,4%. Kondisi ini berdampak pada industri manufaktur seperti PT King Asia Food sebagai salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi minuman dalam kemasan white coffee 578. Produk white coffee 578 merupakan salah satu produk minuman kopi dalam kemasan yang baru saja dipasarkan selama 3 tahun terakhir. Produk ini termasuk produk yang bisa dikatakan masih baru, sehingga belum dikenal masyarakat luas. Pada tahun 2017 selama beberapa bulan terakhir produk white coffee 578 telah mengalami penurunan penjualan. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini peneliti ingin mengidentifikasi faktor apa saja yang berpengaruh pada penjualan produk white coffee 578 sehingga dapat membuat strategi baru untuk meningkatkan penjualan produk dan dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya. Berdasarkan konsep manajemen strategis menggambarkan bahwa formulasi strategi dapat dibentuk dalam 3 tahap. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahapan masukan, pencocokan dan keputusan. Pada tahap masukan terdiri dari matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Pada tahap pencocokan terdiri dari matriks Threat, Opportunity, Weakness, Strength (TOWS) dan Internal External (IE). Pada tahap keputusan yaitu menggunakan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian, total skor matriks IFE adalah 2,90 dan skor total matriks EFE adalah 3,04. Skor ini menentukan posisi perusahaan di kuadran 2 (tumbuh dan dibangun). Strategi yang tepat untuk perusahaan adalah strategi intensif dan strategi integrasi. Menurut hasil TOWS dan matriks IE dan berdasarkan perimbangan perusahaan, strategi alternatif yang dipilih adalah membuat outlet kopi di lokasi yang strategis, menjadi sponsor dalam sebuah acara, melakukan promosi menggunakan media sosial dan media cetak, dan strategi yang terakhir adalah bekerjasama dengan retailer yang sering dijangkau masyarakat. Strategi tersebut dimasukkan ke dalam matriks QSPM, dan ditemukan bahwa strategi prioritas yang berlaku untuk PT. King Asia Food berdasarkan urutan score tertinggi adalah membuat outlet kopi di lokasi yang strategis, menjadi sponsor dalam sebuah acara, melakukan promosi menggunakan media sosial dan media cetak, dan bekerjasama dengan retailer yang sering dijangkau masyarakat. Pemilihan empat strategi tersebut dipilih berdasarkan hasil akhir dari matriks QSPM dan dengan melihat kondisi perusahaan, sehingga hal tersebut diharapkan dapat menarik masyarakat dalam mengenal produk white coffee 578 dan produk dapat bersaing di pasar.

English Abstract

Nowadays, competition among industrial markets in food and beverage sector is more competitive than before. Based on data obtained from Gapmmi, food and beverage industry grew 8.4% this year. This condition give some impacts to the manufacturing industry such as PT King Asia Food as one of the manufacturing companies that produce white instant coffee 578. White coffee 578 product is one of the instant coffee which has just been marketed for the last 3 years. This product can be say as a new product, so not really known to the public. In 2017 over the last few months, white coffee 578 products have decreased sales. Therefore, in this research, it will identify internal and external factors of company that can affect for white coffee 578 sales, so it can create a new strategy to increase product sales and can compete with other similar products. Based on strategic management concept describe that strategy formulation can be established within 3 stages. In this research have 3 stages, which are input stage, matching stage and decision stage. Input stage consists of matrix Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE). Matching stage consists of matrix Threat, Opportunity, Weakness, Strength (TOWS) and Internal External (IE). Decision stage consist of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The first stage is the input stage consists of IFE and EFE matrices. The second stage is the matching stage consists of TOWS and IE matrix. The third stage is the decision stage consists of QSPM matrix. The result of the research, total score of IFE matrix is 2.90 and total score of EFE matrix is 3.04 These score describe that company’s position is in quadrant 2 which is in grow and build quadrant The appropriate strategy for the company are intensive strategies and integration strategies. According to the result of TOWS and IE matrix and based on company consideration, the selected alternative strategies are build a coffee’s outlet in a strategic place, being a sponsorship in some event, doing a promotion using social media and print media, make a coorperate with retailer which is reachable for customer. Then, those strategy become an input for the next step in QSPM matrix of decision stage, and it is found that priority strategy which applicable to PT King Asia Food is based on highest score is build a coffee’s outlet in a strategic place, being a sponsorship in some event, doing a promotion using social media and print media, make a coorperate with retailer which is reachable for customer. Those strategy had been selected based on results of QSPM matrix and company consideration, so its expected can make customer more interest, more knowing white coffee 578 and product can be survive also compete in market.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/734/051807874
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks IFE Matriks TOWS, Matriks QSPM Management Strategic, EFE Matrix, IE Matrix IFE Matrix, TOWS Matrix, QSPM Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:15
Last Modified: 28 Oct 2021 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12588
[thumbnail of Arum Bunga Difitri.pdf] Text
Arum Bunga Difitri.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item