Perbedaan Antara bermain Plasticine Clay dan bermain origami Terhadap Kemampuan motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Sumbawa Sumbawa Besar

Hidayah, IfmiNurul (2015) Perbedaan Antara bermain Plasticine Clay dan bermain origami Terhadap Kemampuan motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah (4-5) Tahun di TK Negeri Pembina Kabupaten Sumbawa Sumbawa Besar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia dini yang berada pada rentang usia 4-6 tahun merupakan masa yang sangat penting (golden age). Pada usia ini merupakan masa anak untuk mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi. Tujuan pengembangan motorik halus anak usia dini adalah untuk melatih kemampuan koordinasi motorik anak. Terapi bermain merupakan salah satu bentuk aktivitas sosial yang utama pada masa anak-anak. Salah satu bentuk permainan sosial yang cocok untuk anak usia prasekolah (3-6 tahun) adalah permainan membentuk (konstruksi) itu mengapa dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan antara dua permainan membentuk (konstruksi) yaitu dengan menggunakan media Clay dan Origami. Design yang dipakai dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan pendekatan Posttest Only With Comparison Group Design.Sample dipilih dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling dengan jumlah sample 20 orang. Variable yang diukur dalam penelitian adalah Bermain Plasticine Clay, Bermain Origami dan Motorik Halus pada anak usia prasekolah (4-5) tahun. Uji statistik yang digunakan adalah Paired T Test dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi (P) Asymp. Sign 2-tailed 0,808. Uji ini menggunakan selang kepercayaan 95% ( = 0,05) didapatkan nilai P>0,05 (0,808 > 0,05) dengan hasil rata–rata nilai pada statistik P=(81,50) untuk kelompok Plasticine Clay, dan P=(83,30) untuk kelompok Origami. Oleh karena itu, kesimpulannya adalah bermain Origami lebih mampu menstimulasi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Negeri Pembina Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan pemberian permainan membentuk/konstruksi (khususnya Plasticine Clay dan Origami).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/131/051602551
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Apr 2016 15:26
Last Modified: 20 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125790
[thumbnail of 5.BAB_2.pdf]
Preview
Text
5.BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.BAB_3.pdf]
Preview
Text
6.BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_6.pdf]
Preview
Text
9.BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_7.pdf]
Preview
Text
10._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_4.pdf]
Preview
Text
7.BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.Cover_+_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
1.Cover_+_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.Halaman_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.Halaman_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
3.Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_1.pdf]
Preview
Text
4.BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item