The Causes Of Students’ Speaking Anxiety In Bilingual Class X Of Madrasah Aliyah Negeri Kunir Blitar.

absor, Moh. Faqih Ulil (2017) The Causes Of Students’ Speaking Anxiety In Bilingual Class X Of Madrasah Aliyah Negeri Kunir Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu masalah yang besar ketika belajar bahasa Inggris adalah berbicara atau speaking karena kemampuan berbicara adalah hal yang penting untuk berkomunikasi, karena dari berbicara seseorang bisa membuat komunikasi dengan yang lain. Penelitian ini fokus pada siswa kelas sepuluh MIA I di Madarasah Aliyah Negeri Kunir Blitar Jawa Timur. Setiap siswa di kelas MIA I mempunyai perkembangan speaking yang berbeda-beda karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan siswa dalam belajar bahasa Inggris kususnya pada kemampuan speaking. Salah satu faktornya adalah anxiety atau kecemasan. Horwitzh et al. (1986) berpendapat bahwa kecemasan memiliki peran penting dalam penentuan keberhasilan dan kegagalan siswa di kelas bahasa asing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif (Silverman, 2005). Kususnya dalam metode case study. Dalam case study menggunakan fakta secara mendalam dan dalam penelitian ini fenomena tertentu akan dijelaskan. Penelitian ini menggunakan dua macam instrumen untuk mengumpulkan data dan informasi, yaitu ; interview yang mengadaptasi dari (FLCAS) dan lembar pengamatan. Interview dilakdsanakn hanya dengan enam peserta dari pencapaian nilai tertinggi, tengah-tengah, dan rendah dan setiap peserta adalah saran dari guru juga. Penelitian ini telah dilakukan di siswa kelas Bilingual MIA I Madrasah Aliyah Negeri Kunir, Blitar. Hasil penelitian menunjukkan hasil dari interview dan lembar pengamatan bahwa permasalahan berhubungan dengan tiga faktor dalam anxiety. Dari hasil penelitian setiap siswa memiliki pengalaman anxiety dalam berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian, penilitian ini untuk guru agar bisa membuat lebih kreatif dalam mengajar siswa dan membuat siswa termotivasi belajar bahasa Inggris, peneliti selanjutnya bisa menggunakan teori yang berbeda dalam masalah yang sama. Berharap, penelitian ini bisa digunakan untuk motivasi mencari topik permasalahan yang sama dan bagaimana mencoba menemukan pemecahan masalah di berbagai masalah yang datang dari kelas bahasa asing.

English Abstract

One of the big problems when learning English is speaking because speaking skill is an important thing in the communications because of speaking people can make a communication with others. This research focused students in MIA I class from Madrasah Aliyah Negeri Kunir in Blitar East Java. Every student in MIA I has different speaking progress because there are so many factors that affect success and the failure of students in learning English especially in speaking skill. One of the factors is anxiety. Horwitz et al. (1986) state that anxiety plays an important role in determining students’ success or failure in foreign language classes. The study used descriptive-qualitative design (silverman, 2005). The specific design in this study is a case study. In a case study is used to study a particular situation in depth and in this study certain phenomena will be described. In addition, this research used two instrument to gather the information, the instrments are interview adapted from (FLCAS) and observation sheet. This study was undertaken at the students of Bilingual Class on Madrasah Aliyah Negeri Kunir, Blitar, Indonesia. The findings showed the result from Interview and observation sheet related with three factor in anxiety. From finding every students have experienced anxiety in speaking English . Based on the findings, the writer suggested that the research can be used for the teacher can be more creative to teach their students and make them motivated to learn English, the next researcher can use other theories in same problems. Hopefully, this study can be used as a motivation to look for the similar topic and how to get problem solving in any problem that comes in foreign language class and the next researcher can use other theories in same problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/518/051706599
Uncontrolled Keywords: speaking, anxiety, speaking anxiety.
Subjects: 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics) > 428.1 Standard English usage (Prescriptive linguistics) (Words)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:32
Last Modified: 07 Oct 2020 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1257
[thumbnail of Moh. Faqih Ulil absor.pdf]
Preview
Text
Moh. Faqih Ulil absor.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item