Pengaruh Pelatihan Proses Keperawatan (Nanda Noc Nic) Terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat Dalam Penyusunan Diagnosa Keperawatan (Nanda) Di Ruang Anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang

Bakhri, DickySyahrulloh (2015) Pengaruh Pelatihan Proses Keperawatan (Nanda Noc Nic) Terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat Dalam Penyusunan Diagnosa Keperawatan (Nanda) Di Ruang Anak Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan perawat merupakan salah satu upaya untuk menciptakan tenaga keperawatan professional yang memberikan asuhan keperawatan dengan pedoman NANDA, NOC, NIC yang berkembang seiring dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masyarakat. Dimana NANDA, NOC, NIC merupakan system klasifikasi keperawatan yang telah menjadi standarisasi dalam dunia keperawatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pelatihan proses keperawatan NANDA, NOC, NIC terhadap peningkatan pengetahuan perawat dalam menyusun diagnosa keperawatan di rumah sakit Saiful Anwar. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-eksperimental dengan pendekatan pretest-postest pada kelompok perlakuan (One Group Pra-Post test Design).sampel penelitian ini sebanyak 38 responden yang dipilih dengan metode Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Pengolahan dan analisa pengaruh pelatihan proses keperawatan dengan peningkatan pengetahuan perawat menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dalam penyusunan NANDA sebelum diberikan pelatihan proses keperawatan (NANDA, NIC, dan NOC) adalah hanya 1 responden (3%) yang baik dan setelah diberikan pelatihan menjadi sebanyak 17 responden (45%) yang baik. Hasil uji statistic wilcoxon rank test didapatkan p value = 0,000 (p value < 0,05). Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh pelatihan proses keperawatan (NANDA, NIC, dan NOC) terhadap pengetahuan perawat dalam penyusunan NANDA.

English Abstract

Knowledge and skills of nurses is one way to create professional nursing staff who provide nursing care with guidelines NANDA, NOC, NIC that has developed along with the development of science and technology and societys demands. Where NANDA, NOC, NIC is a classification system of nursing that have become standardized in the world of nursing. This study was conducted to determine the effect of nursing process NANDA, NOC, NIC training to increase the knowledge of nurses in formulating nursing diagnoses in Saiful Anwar hospital. This study used a quasi-experimental design with pretest-posttest approach in the treatment group (One Group Pre-Post Test Design) .The sampel were 38 respondents were selected by purposive sampling method. Data collected by using a questionnaire. Processing and analysis the influence of the training nursing process with an increased knowledge of nurses using the Wilcoxon test. The results showed the level of knowledge in the preparation before the given training nursing process (NANDA, NIC, and NOC) is only one of the respondents (3%) were good and after being given training to as many as 17 respondents (45%) were good. The results of statistical tests Wilcoxon rank test was obtained p value = 0.000 (p value <0.05). From this study it can be concluded that there is the influence of the nursing process (NANDA, NIC, and NOC) training to the knowledge of nurses in formulating NANDA. Keywords: Knowledge of nurses, Nursing process training, Pediatric

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/801/ 051600856
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Feb 2016 14:52
Last Modified: 09 Feb 2016 14:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125614
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item