Hubungan Gejala Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Yang Akan Menghadapi Ujian Nasional Di Sma Negeri 8 Malang

Indrawati, Rani (2015) Hubungan Gejala Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Yang Akan Menghadapi Ujian Nasional Di Sma Negeri 8 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas tidur merupakan kondisi dimana seseorang mampu untuk mempertahankan keadaan tidurnya dan bisa mendapatkan tahap tidur REM dan NREM yang pantas. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur, salah satunya yaitu kecemasan. Pada remaja akan mengalami beberapa tuntutan, salah satunya yaitu prestasi yang diraih dari ujian nasional (UN) yang akhirnya akan menimbulkan gejala kecemasan. Jika remaja tidak menyadari dan melakukan upaya untuk mengatasinya, maka gejala kecemasan akan meningkat sehingga kualitas tidur akan terganggu. Maka dari itu, remaja perlu menyadari gejala kecemasan dan upaya untuk mengatasinya agar kecemasan tidak terjadi dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gejala kecemasan dengan kualitas tidur pada remaja yang akan menghadapi ujian nasional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelatif dengan rancangan “cross sectional”. Sampel adalah siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS di SMAN 8 Malang. Tehnik sampling menggunakan Probability sampling dengan tehnik cluster random sampling. Berdasarkan uji korelasi pearson didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05), maka dapat diartikan ada hubungan antara gejala kecemasan dengan kualitas tidur pada remaja yang akan menghadapi ujian nasional. Sehingga disarankan kepada pihak sekolah dapat membantu mengontrol dan mengurangi gejala kecemasan siswa saat menghadapi ujian nasional.

English Abstract

Sleep quality is a condition in which a person is able to maintain the state of sleep and can get REM and NREM sleep stages that deserve. Many factors can affect the sleep quality, one of them is anxiety. In adolescents will experience some of the demands, one of them is the achievement of a national exam (UN), which eventually will induce anxiety symptoms. If adolescents are not aware and make efforts to resolve it, then the anxiety symptoms will increase so the sleep quality will be disturbed. Therefore, adolescents need to be aware of the anxiety symptoms and efforts to resolve it so that anxiety does not happen and getting good sleep quality. Main goal of this research was to know the relationship between anxiety symptoms with sleep quality in adolescents will facing national exam. This research tend to be quantitative with descriptive correlative with "cross sectional" design. Samples are students of class XII majoring in science and social at SMAN 8 Malang. The sampling methode was Probability sampling with cluster random sampling methode. Based on pearson correlation test obtained a significance value of 0.000 (p <0.05), it means there is a relationship between anxiety symptoms with sleep quality in adolescents who will face national exam. So it is advisable to school can help control and reduce anxiety symptoms of students when faced with a national exam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/781/ 051600836
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Feb 2016 13:39
Last Modified: 09 Feb 2016 13:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125590
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item