Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Guided Imagery Sebagai Penanganan Nyeri Dismenore Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswi Kelas X Sma 1 Berbek, Nganjuk

Yunitasari (2015) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Guided Imagery Sebagai Penanganan Nyeri Dismenore Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswi Kelas X Sma 1 Berbek, Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dismenore adalah nyeri haid yang mengakibatkan rasa tidak enak di perut bawah sebelum dan selama haid dan sering kali menimbulkan rasa mual. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu dari tiga program pokok UKS untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa dan dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan. Guided imagery merupakan salah satu teknik distraksi untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang guided imagery sebagai penanganan nyeri dismenore terhadap tingkat pengetahuan siswi kelas X SMA 1 Berbek, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental one group pretest-postest only design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 siswi yang mengalami dismenore yang didapatkan dengan cara total sampling. Variabel yang diukur dalam penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan siswi sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang guided imagery. Rata-rata skor pengetahuan sebelum perlakuan adalah 8,600 dan rata-rata skor sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan yaitu 11,583. Hasil uji T berpasangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretes dan postes pada siswi kelas X SMA 1 Berbek adalah berbeda secara signifikan dengan nilai p yaitu 0,00 (p value < 0,05). Pendidikan kesehatan tentang penanganan nyeri dismenore dengan guided imagery berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan siswi SMA 1 Berbek.

English Abstract

Dysmenorrhea is painful menstruation resulting discomfort in the lower abdomen before and during menstruation and often cause nausea. Health education is one of the three main UKS’s programs to improve the health of students and can be used as a medium to improve knowledge about health. Guided imagery is a distraction techniques to reduce pain or tenderness. This study aim to determine the effect of health education about guided imagery as pain dysmenorrhea management to the knowledge level of high school 1 Berbek’s students, Nganjuk. This research used quasy experimental one group pretest-posttest only design. Respondents in this study were 60 students who have dysmenorrhea obtained by total sampling. The variables measured in this study was the level of knowledge of students before and after health education about guided imagery. The average knowledge score before treatment was 8,600 and the average scores showed improvement after treatment was 11,583. Paired T test results showed that the average pretest and posttest results at high school 1 Berbek was significantly different with p value 0.00 (p value <0.05). Health education about pain dysmenorrhea management with guided imagery affect the level of knowledge of high school 1 Berbek’s students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/780/ 051600835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Feb 2016 12:13
Last Modified: 09 Feb 2016 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125589
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item