Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Abc-Fsn Dan Pendekatan Simulasi

Kanita, Rafika Dhian (2018) Perancangan Ulang Tata Letak Gudang Menggunakan Metode Abc-Fsn Dan Pendekatan Simulasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri farmasi memiliki peran penting untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dengan menyediakan obat yang berkualitas. Industri farmasi memiliki distributor untuk menyalurkan produknya. Distributor memiliki togas penting salah satunya adalah melakukan penyimpanan produk agar dapat menjaga kualitas produk dengan balk. PT. Indofarma Global Medika (IGM) Cabang Malang merupakan salah satu distributor obat yang memiliki gudang untuk menyimpan produk. Saat ini proses penyimpanan yang dilakukan kurang efisien karena proses peletakkan produk dilakukan secara random dan belum berdasarkan pengelompokkan produk. Hal ini menyebabkan kurangnya operator dalam melakukan pengontrolan produk dan terjadinya pergerakan operator pencarian yang terlalu sering dikarenakan dalam pengambilan produk dilakukan untuk setiap satu produk dalam satu pesanan yang dilakukan secara manual oleh operator. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan perancangan tata letak gudang untuk memperbaiki tata letak gudang saat ini menggunakan klasifikasi ABC-FSN dan mengurangi pergerakan operator pencarian dengan pendekatan simulasi. Produk yang tersimpan pada gudang sebanyak 335 jenis produk. Produk tersebut diklasifikasikan menggunakan klasifikasi ABC-FSN dan menghasilkan 9 jenis klasifikasi produk. Jenis klasifikasi produk antara lain produk AF dengan 19 jenis produk, AF dengan 19 jenis produk, produk BF dengan 10 jenis produk, produk CF dengan 1 jenis produk, produk AS dengan 15 jenis produk, produk BS dengan 15 jenis produk, produk CS dengan 10 jenis produk, produk AN dengan 11 jenis produk, produk BN dengan 29 jenis produk dan produk CN dengan 225 jenis produk. Activity Relationship Chart (ARC) saat ini digunakan sebagai acuan untuk mendapatkan 6 usulan alternatif layout. Usulan alternatif tersebut dievaluasi dengan mempertimbangkan number waiting, waiting time dan utilitas operator pencarian. Usulan 3 terpilih karena menghasilkan number waiting, waiting time dan utilitas operator yang paling kecil. Hal ini menunjukkan bahwa layout usulan dapat mengefisienkan jumlah, waktu dan tenaga. Dibuktikan dengan penggunaan resource, kondisi eksisting resource yang bekerja sejumlah dua orang sedangkan usulan hanya satu orang. Usulan lainnya yaitu, menentukan jenis material handling yang tepat dilakukan untuk mengangkut produk dan mengurangi pergerakan operator pencarian. Hasilnya, material handling yang digunakan adalah trolly 2 tingkat. Daya tampung trolly sebanyak 45 untuk satu tingkatan dengan ukuran box yaitu 20 x 5,5 x 6 cm. Sedangkan ukuran karton sebanyak 2 karton. Hal ini dapat mengurangi pergerakan operator pada proses pengambilan produk.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/506/051806301
Uncontrolled Keywords: Analisis ABC, Analisis FSN, Simulasi, Tata letak gudang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.51 Organization of production
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:49
Last Modified: 22 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12534
[thumbnail of Rafika Dhian Kanita.pdf]
Preview
Text
Rafika Dhian Kanita.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item