Dinamika Hubungan Patron-Klien Pada Masyarakat Nelayan Di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Fajar, Adji Roziqi (2018) Dinamika Hubungan Patron-Klien Pada Masyarakat Nelayan Di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya hubungan patron klien dan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pola hubungan patron klien di Desa Prenduan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan untuk alat analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan patron klien yang ada di masyarakat nelayan Prenduan berawal dari sebuah pinjaman yang kemudian menjadi sebuah ikatan, hubungan berjalan terus menerus selama ada ikatan tersebut. Lemahnya tingkat pendidikan serta kurangnya modal yang terjadi pada masyarakat nelayan di desa prenduan membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan cuaca buruk yang membuat pekerjaan nelayannya tidak dapat berpenghasilan tetap menjadi penyebab para nelayan menjalin hubungan dengan sebuah patron, hal ini yang kemudian membuat mereka mempunyai ketergantungan terhadap patronnya. Namun hubungan patron klien ini sekaligus menjadi modal sosial bagi masyarakat nelayan prenduan untuk mengatasi sebuah masalah serta untuk mewujudkan kehidupan yang lebih mapan, hal ini karena di dalam hubungan patron-klien terdapat tiga elemen modal sosial yaitu kepercayaan, jaringan, dan norma.

English Abstract

This study aims to determine the process of client relationship and the relationship between the internal and external factors that affect the pattern of patron relationship clients in the Village Prenduan. The research method used is qualitative while for the analysis tool using data reduction, data presentation and draw conclusion. Data obtained from the results of this study were analyzed using descriptive analysis method. The results showed that the patron relationship of clients in the fishing community began with a loan that became a bond, the relationship runs continuously as long as there is a bond. The low level of education and the lack of capital occurring in fishing communities in the village of Prenduan make it difficult for them to find work and the bad weather that keeps their fishermen job inefficient remains the cause of the fishermen having a relationship with a patron, which then makes them dependent on patron. But this patron client relationship is also a social capital for fishermen community to overcome a problem and to realize a more established life, this is because in the patron-client relationship there are three elements of social capital that is trust, network, and norm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/305/051804705
Uncontrolled Keywords: Patron, Klien-Patron, Client
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:31
Last Modified: 03 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12526
[thumbnail of Adji Roziqi Fajar.pdf]
Preview
Text
Adji Roziqi Fajar.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item