Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Audio Visual Dan Peer Education Terhadap Tingkat Kemampuan Menyusui Pada Ibu Primipara

Nurhayati, Etri (2015) Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Audio Visual Dan Peer Education Terhadap Tingkat Kemampuan Menyusui Pada Ibu Primipara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menyusui Merupakan Suatu Proses Pemberian Air Susu Ibu (Asi) Kepada Bayi. Menyusui Sering Menjadi Masalah Pada Ibu Primipara Karena Menyusui Merupakan Pengalaman Pertama Bagi Ibu Primipara. Untuk Mencapai Keberhasilan Menyususi Diperlukan Pengetahuan Tentang Cara Menyususi Yang Benar Dan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tersebut Yang Perlu Dilakukan Adalah Penyuluhan Kesehatan. Metode Dalam Melakukan Penyuluhan Kesehatan Sangatlah Penting Untuk Mencapai Keberhasilan Dalam Penyampaiannya. Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Audiovisual Dan Peer Education Terhadap Tingkat Kemampuan Menyusui Pada Ibu Primipara. Desain Penelitian Menggunakan Metode Pretest Postest Group Comparasion Design. Lokasi Penelitian Di Kelurahan Karang Besuki Dengan Jumplah Sampel 18 Ibu Primipara Dengan Usia Bayi 0 – 6 Bulan. Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Purposive Sampling. Pengumpulan Data Menggunakan Lembar Observasi Dan Olah Data Menggunakan Uji Wilcoxon Dan Mann Whitney Dengan Tingkat Signifikansi 0,05. Hasil Penelitian Berdasarkan Uji Wilcoxon Menunjukkan Terdapat Perbedaan Kemampuan Menyusui Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Kesehatan Dengan Metode Pemutaran Audio Visual Dengan Signifikansi P=0,007 (P<0,05). Hasill Serupa Juga Terjadi Pada Kelompok Metode Peer Education Dengan Signifikansi P=0,007 (P<0,05). Berdasarkan Uji Mann Whitney Menunjukkan Tidak Terdapat Perbedaan Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Antara Metode Pemutaran Audio Visual Dan Peer Education Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusui Ibu Primipara Dengan Signifikansi P=0,928 (P>0,05), Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Kedua Metode Tersebut Memiliki Efektivitas Yang Sama Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusui Pada Ibu Primipara, Dan Kedua Metode Tersebut Dapat Digunakan Untuk Melakukan Penyuluhan Kesehatan. Pemilihan Metode Perlu Dipertimbangkan Karena Mempengaruhi Penerimaan Dan Antusias Peserta.

English Abstract

Breastfeeding Is A Process Of Giving Mother’s Milk (Asi) For The Baby. Breastfeeding Often Became A Problem For The Primiparous Mother Because It Is The First Experience For Them. To Achieve Successful Breastfeeding, It Is Needed Knowledge About Correct Breastfeeding Techniques And For Improve Mother’s Knowledge Health Education Can Be Applied. The Method In Health Education Is Important For Achieving Successfully In Forwarding. The Purpose Of This Study Is For Knowing The Differences In Effectiveness Of Health Education Between Audiovisual Playback And Peer Education On The Level Of Breastfeeding Ability Of Primiparous’ Mother. This Study Used Pretest-Posttest Comparison Group Design And Located In Karang Besuki With 18 Respondents Of Mothers’ Primiparous Who Has A Baby In 0 – 6 Months. This Study Used Purposive Sampling Technique. Collecting The Data Used Observation Sheet And For Analyzing The Data, Used Wilcoxon And Man Whitney Test With Significance Level Of 0.05. The Result Of The Study Based On Wilcoxon Showed There Were Differences Of Breastfeeding Ability Before And After The Health Education Was Done By Using Audiovisual Playback Method With Significance P= 0,007 (P<0,05). Similar Results Have Also Occurred Peer Education Method With A Significance P=0.007 (P<0.05). Based On Mann Whitney Test Showed There Were Noting Differences In Effectiveness Of Health Education Between Audiovisual Playback And Peer Education For Improving The Of Breastfeeding Ability Of Primiparous’ Mothers With A Significance Of P=0.928 (P>0.05). Based On The Research, It Can Be Conclude That Audiovisual Playback And Peer Education Method Have Effectiveness For Improving The Breastfeeding Ability In Mothers’ Primiparous And Both Of The Method Can Be Used In Health Education. The Selection Of Methods Should Be Considered Because Affect Acceptance And Enthusiastic Participant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/414/051503488
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 May 2015 13:56
Last Modified: 19 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125184
[thumbnail of 5._BAB_2.pdf]
Preview
Text
5._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_1.pdf]
Preview
Text
4._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf]
Preview
Text
7._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_3.pdf]
Preview
Text
6._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_6.pdf]
Preview
Text
9._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_7.pdf]
Preview
Text
10._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12._LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3._ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item