Haristyawan, Agung (2014) Efektivitas Pendidikan Sebaya Terhadap Pengetahuan dan SikapTentang Marijuana Pada Remaja di SMAN 01 Gondanglegi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan sebaya adalah suatu proses komunikasi, informasi dan edukasi yang dilakukan oleh, dan untuk kalangan yang sebaya, yaitu kalangan satu kelompok.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang marijuana pada remaja di SMAN 01 Gondanglegi. Desain penelitian ini menggunakan metode randomize control trial pre and post test design. Tehnik pengambilan sampel menggunakanteknik Probability Sampling dengan simple random sampling pada kedua kelompokresponden yaitu remaja di SMAN 01 Gondanglegi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pada kedua variabel penelitian dengan dilakukan uji validitas dan reabilitas terlebih dahulu. Analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon Matched Pairs dan Mann-WhitneyTest. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas peer education terhadap pengetahuan tentang marijuana pada remaja dengan nilai P value <0.05 dan nilai P value untuk sikap adalah >0.05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pendidikan sebaya dalam pengetahuan remaja tentang marijuana. Berdasarkan dari penelitian tersebut, tenaga kesehatan maupun pihak sekolah dapat menggunakan metode pendidikan sebaya untuk pengetahuan remaja tentang marijuana.
English Abstract
Peer education is a process of communication, information and education that is conducted by, and for the same age, which is among the group. The purpose of this study was to determine the effectiveness of peer education to increase in knowledge and attitudes about marijuana among adolescents in SMAN 01 Gondanglegi. The design of this study randomize control trial using pre and lost test design. Sampling technique using Probability Sampling technique with simple random sampling in both groups of respondents, namely teenagers in SMAN 01 Gondanglegi. The research instrument used questionnaires on both the research variables to test the validity and reliability first. The analysis used is Matched Pairs Wilcoxon test and Mann-Whitney Test. The results showed the effectiveness of peer education to the increasing knowledge of the marijuana in adolescents with a P value of <0.05 and P value for the attitude value is> 0:05. This study concludes that there are significant peer education methods in adolescent knowledge about marijuana. Based on these studies, health workers and the school can use the method of peer education for adolescents knowledge about marijuana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2014/439/051403532 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 14:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 16:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124433 |
Preview |
Text
Full_Teks.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |