Analisis Supplier ikan bandeng dengan metode Analytic Network Process dan Goal Programming

Setianto, Aris Yanuar (2018) Analisis Supplier ikan bandeng dengan metode Analytic Network Process dan Goal Programming. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD. Multi Sarana Niaga adalah perusahaan industri kecil mikro yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil perikanan dan budidaya ikan bandeng saat ini dihadapkan pada beberapa permasalahan yaitu ketidaksesuaian jumlah ikan yang dikirimkan dengan jumlah ikan yang dipesan. Hal ini dikarenakan dalam pengalokasian bahan baku ke pemasok, perusahaan hanya secara subjektif serta tidak mempertimbangkan beberapa faktor lainnya dan terdapat ikan yang cacat. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kriteria dan sub kriteria yang dibutuhkan dalam pemilihan pemasok yang nantinya akan didapatkan bobot setiap kriteria dan subkriteria serta didapatkan pula bobot penilaian untuk setiap pemasok. Selain itu nantinya akan dilakukan penentuan jumlah alokasi pemesanan yang optimal pada tiap pemasok dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Tahap pertama pada penelitian ini yaitu melakukan identifikasi kriteria dan sub kriteria yang berpengaruh terhadap pemilihan pemasok ikan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Setelah itu dilakukan penentuan bobot untuk setiap kriteria dan sub kriteria dengan menggunakan metode Analytic Network Process. Kemudian dilakukan penilaian pada setiap pemasok yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan dalam alokasi pemesanan ikan. Langkah selanjutnya yaitu mengalokasikan pemesanan pada setiap pemasok dengan menggunakan metode goal programming. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada 5 kriteria yaitu kualitas, harga, komunikasi, garansi, pengiriman dan 10 sub kriteria yaitu kesesuaian kualitas secara organoleptik, dapat memberikan pasokan ikan bandeng secara konsisten, kesesuaian dari pemasok dengan harga perusahaan, perubahan harga ikan bandeng, kecepatan dalam menanggapi pelanggan, pemberian garansi terhadap ikan yang dikirim, ketepatan waktu, kesesuaian jumlah yang dikirimkan, kemudahan dalam komunikasi, kemampuan dalam pemberitahuan segalainformasi untuk pemilihan pemasok yang sesuai dengan kebutuhan UD. Multi Sarana Niaga. Hasil pembobotan dengan metode Analytic Network Process yaitu bobot kriteria garansi sebesar 0,111, kriteria harga dengan bobot sebesar 0,259, kriteria kualitas dengan bobot sebesar 0,317, kriteria pengiriman dengan bobot sebesar 0,105 dan kriteria sistem komunikasi dengan bobot sebesar 0,207. Untuk penilaian pemasok diperoleh bobot tertinggi hingga terendah berturut-turut yaitu pemasok 1, pemasok 4, pemasok 3, dan pemasok 2. Untuk hasil alokasi order berdasarkan dengan menggunakan metode goal programming yaitu alokasi pemesanan pada bulan Januari terdapat pemesanan sebanyak 939 kg ikan dan dapat dialokasikan ke pemasok 1 dan 4. Selanjutnya untuk bulan Februari dengan kebutuhan sebanyak 1868 kg akan dialokasikan ke pemasok 1, pemasok 4, pemasok 3 dan pemasok 2. Pada bulan Maret dengan kebutuhan sebanyak 1234 kg akan dialokasikan kepada pemasok 1 dan 3.

English Abstract

UD. Multi Sarana Niaga is micro industry company engaged in fishery cultivation and milkfish cultivation that is faced with several problems. One of those problems was the difference amount of fish that being sent with the amount of fish was ordered. It happened because in raw material allocating process to the supplier, company allocated it randomly and subjectively without considering any other factors and there are defects. The objective of this research was to determine criteria and sub criteria that will be needed in supplier selection which later will be obtained the weight of every criteria and sub criteria and also the weight of the assessment for each supplier. Furthermore, would be determined the optimal order amount in every supplier by considering several factors. The steps in this research was begin with identifying criteria and sub criteria that affect the fish supplier selection which is suitable of condition of the company. After that, the results were used to determine the weight for each criteria and sub criteria by applying the Analytic Network Process Method. Then the assessment in every supplier will be done and the results will be used as consideration in fish order allocation. The last step was order allocation in each supplier with Goal Programming Method. The result of this research shows there are 5 criteria quality, price, communication, warranties, delivery and 10 sub criteria the suitability of quality organoleptically, can provide a consistent supply of milkfish, the suitability of the supplier with the price of the company, the change in fish prices, the speed in responding to the customer, the delivery of fish warranty, the timeliness, the suitability of the quantity submitted, the ease of communication, the ability to notice any information for supplier selection that is suitable with UD. Multi Sarana Niaga Necessity. The weighted results using Analytic Network Process Method are the weight of warranty criteria (0,111), the weight of price criteria (0,259), the weight of quality criteria (0,317), the weight of shipping criteria (0,105) and the weight of communication system criteria (0,207). The results of supplier assessment from the highest to the lowest respectively are supplier 1, supplier 4, supplier 3, and supplier 2. The results of order allocation based on Goal Programming Method are allocation order in January is 939 kg of fish could be allocated to supplier 1 and supplier 4. Next, in February with the require order 1868 kg of fish will be allocated to supplier 1, supplier 2, supplier 3 and supplier 4. In March, the require order is 1234 kg of fish could be allocated to supplier 1 and supplier 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/810/051808329
Uncontrolled Keywords: Alokasi pemesanan, Analytic Network Process, Goal Programming, Pemilihan pemasok Analytic Network Process, order allocation, supplier selection, Goal Programming
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:42
Last Modified: 16 Oct 2018 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12439
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item