Efektivitas Metode Bermain Emo Dengan Bermain Ecard Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa SDN Kedung Kandang II Malang

Yudha, IGedeAryaWira (2014) Efektivitas Metode Bermain Emo Dengan Bermain Ecard Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa SDN Kedung Kandang II Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan kesehatan gigi dan mulut merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta sangat baik ditanamkan sejak usia dini. Penyuluh harus kreatif dan dapat menarik minat anak agar dapat mengikuti dan menerima materi dengan baik, misalkan menciptakan suatu metode baru. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode bermain Emo dan Ecard terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. Melalui teori perkembangan anak dan metode baru modifikasi dari permainan tradisional, yaitu Mongmongan maupun permainan yang dilakukan masyarakat luas, yaitu kartu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut. Bermain merupakan hal yang digemari pada siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah pre eksperimental desain dengan rancangan group pre-test post-test desain. Analisa data statistik menggunakan uji t – test berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan metode bermain Emo dan Ecard dimana metode bermain Emo mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai thitung 6.463 sedangkan Ecard mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai thitung 4.435. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan metode bermain Emo dan Ecard dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut anak.

English Abstract

Oral health education is an effort to improve oral health and it is good instilled from early age. Agents should be creative and able to attract children to follow and accept the method well, for example creating a new method. This study aims to determine the effectiveness of playing method Emo and Ecard in improving knowledge of childrens oral health. Based on the theory of child development and modification of new methods of traditional games, the Mongmongan games and the wider community, that the card is expected to increase students knowledge of oral health. Playing is favored in elementary school students. The design of this study is pre experimental design with pre-test post-test group design. Statistical analysis using pairs t-test. These results indicate that an increase in oral health knowledge before and after counseling on oral health using the playing method Emo and Ecard. Emo playing method has a significance value 0,000 and tcount 6,463. Ecard has a significance value of 0.000 and tcount 4435. The conclusion of this study is playing method Emo and Ecard

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/322/051402996
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jun 2014 08:22
Last Modified: 21 Oct 2021 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124306
[thumbnail of FULL_TEKS.pdf]
Preview
Text
FULL_TEKS.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item