Studi Pengembangan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong Lamongan Jawa Timur

-, Sundari (2018) Studi Pengembangan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Brondong Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tempat pelelangan Ikan (TPI) merupakan salah satu sarana fasilitas penunjang yang disediakan Perum Perikanan Indonesia di bawah Pelabuhan Perikanan yang merupakan fasilitas publik untuk melakukan aktivitas pemasaran ikan pertama sejak turun dari kapal. TPI memegang peranan penting dalam suatu Pelabuhan Perikanan dan perlu untuk dikelola dengan sebaik-baiknya agar dapat tercapai manfaat secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui kondisi fisik ( sarana dan prasarana) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) serta Mengetahui tingkat efisiensi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif survei yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang realitas pada objek yang yang di teliti secara objektif. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil skrosing dari kuisioner yang diajukan kepada responden. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 50 responden yang di ambil dari pegawai PPN brondong , pegawai TPI , pegawai KUD , nahkoda , pedagang dan nelayan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku laporan tahunan yang telah dibukukan oleh dinas kelautan dan perikanan brondong lamongan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi , wawancara , dokumentasi dan kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil dari analisis SWOT diperoleh skor faktor internal 2.578 dan faktor eksternal 2.1938 , yang berarti dalam strategi pengembangan pengelolahan tempat pelelangan ikan (TPI) faktor internal lebih berperan daripada faktor eksternal.pada analisis matrik grand strategi didapat nilai koordinat faktor internal sebagai sumbu X=0.69 sedangkan untuk faktor eksternal sebagai Y=0.63. titik koordinat berada pada kuadra 1 yang menggunakan strategi Strenght Opportunities (SO) yang berarti strategi ini dijalankan dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Sedangkan untuk Hasil QSPM kuisioner menunjukan bahwa nilai TAS tertinggi adalah alternatif strategi tentang Meningkatkan fasilitas kelengkapan kapal yang akan bersandar agar mempermudah untuk rencana pengelolaan TPI dengan nilai TAS 4.868 dan Strategi kedua Meningkatkan pelayanan operasional pegawai TPI sehingga akan mempermudah akses proses pemasaran ikan dengan nilai TAS 4.891.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/312/051805152
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.1 Ports > 387.15 Port facilities
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:04
Last Modified: 19 Nov 2020 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12415
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item