Karakteristik Semen Domba Garut Pada Musim Penghujan Dan Kemarau

Fajarrofa, Alfa (2018) Karakteristik Semen Domba Garut Pada Musim Penghujan Dan Kemarau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produksi dan kualitas semen yang dihasilkan dari seekor pejantan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu bobot badan, umur, sifat genetik, frekuensi ejakulasi, pakan, suhu dan musim. Pergantian musim dan lamanya penyinaran matahari dapat menghambat produksi FSH sehingga dapat menghambat proses spermatogenesis oleh testis. Perubahan temperatur yang tinggi akan menyebabkan degenerasi pada sel-sel yang melapisi dinding tubuli seminiferi, sehingga jika temperatur panas berlangsung lama akan menyebabkan kualitas semen semakin buruk, abnormalitas semakin banyak, bahkan konsentrasi spermatozoa dalam semen akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas semen segar Domba Garut pada musim yang penghujan dan kemarau pada Balai Inseminasi Buatan Lembang, Bandung dan mengetahui kualitas semen beku Domba Garut pada dua musim tersebut. Materi penelitian ini menggunakan dua ekor domba Garut yang berumur 4 tahun bernama Robin (191314) dengan berat badan 62 kg dan Domba Garut berumur 4 tahun bernama Menik (191316) dengan berat badan 59 kg yang ditampung semennya dalam kurun waktu 1 tahun di Balai Inseminasi Buatan Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari catatan produksi semen dan kualitas semen segar dari dua ekor domba Garut di BIB Lembang selama 12 bulan mulai November 2016 sampai Oktober 2017 berdasarkan faktor musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Tiap musim dilakukan 20 kali penampungan dengan variabel yang diamati meliputi volume semen, warna semen, pH semen, konsistensi semen, motilitas individu semen segar, konsentrasi spermatozoa, motilitas individu, post thawing motility, recovery rate spermatozoa dan produksi straw semen beku. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji T tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata volume semen segar dan konsentrasi spermatozoa musim penghujan memberikan perbedaan yang nyata (P < 0.05) terhadap musim kemarau dan memberikan perbedaan yang tidak nyata (P > 0.05) terhadap warna, pH, konsistensi, motilitas individu, Post Thawing Motility, Recovery Rate dan produksi straw semen beku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa musim penghujan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan musim kemarau terhadap kualitas semen Domba Garut meliputi volume dan konsentrasi spermatozoa. Saran penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam kualitas semen Domba Garut pada tempat yang berbeda sehingga mengetahui pengaruh lingkungan terhadap kualitas semen Domba Garut.

English Abstract

This study was aimed to know the quality of semen Garut sheep in rainy and dry season at Artificial Insemination Center of Lembang, Bandung. The research material used two sheep Garut four years old named Robin (191314) with body weight 62 kg and four years old Garut Sheep named Menik (191316) with weight of 59 kg body which contained semen within 1 year at the Artificial Insemination Center of Lembang. The method used in this research was case study. The data used secondary data taken from semen production record and fresh semen quality from two Garut sheep in BIB Lembang for 12 months from November 2016 until October 2017 based on season factor that is dry season and rainy season. Based on the results of research can be concluded that rainy season gives better result compared to dry season on the quality of Semen Garut sheep include volume and sperm concentration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/338/051805963
Uncontrolled Keywords: Garut Sheep, Fresh Semen, Volume, Concentration, pH
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry > 636.082 Breeding > 636.082 4 Breeding and reproduction methods
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:58
Last Modified: 22 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12412
[thumbnail of Alfa Fajarrofa.pdf]
Preview
Text
Alfa Fajarrofa.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item