Hubungan Karakteristik Penduduk dan Tingkat Pengetahuan terhadap Status Hipertensi

Misnasari, PutriPriela (2013) Hubungan Karakteristik Penduduk dan Tingkat Pengetahuan terhadap Status Hipertensi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trend dari penyakit di dunia telah berganti dari penyakit infeksi ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Hipertensi adalah salah satu faktor risiko penting yang berperan dalam timbulnya PTM yang menyebabkan morbiditas seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal ginjal. Jumlah penderita hipertensi semakin meningkat sehingga dibutuhkan perhatian khusus. Karakter hipertensi yang merupakan silent killer menyebabkan kebanyakan penderitanya tidak menyadari keberadaan penyakitnya dan bisa jatuh pada kondisi fatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik penduduk yang berhubungan dengan status hipertensi di masyarakat Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan studi belah lintang dengan.melibatkan responden sejumlah 109 orang yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Data analysis yang digunakan adalah Chi-square test dan Independent Sample T-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 35.8% dari responden menderita hipertensi. Prevalensi hipertensi di Kelurahan Penanggungan lebih tinggi dari prevalensi hipertensi tingkat nasional. Faktor-faktor yang terbukti memiliki hubungan dengan status hipertensi adalah usia (p<0.0001), riwayat hipertensi di keluarga (p=0.019), seringnya periksa kondisi kesehatan (p=0.013) and tingkat pengetahuan tentang hipertensi (p=0.014).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/95/051302686
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Apr 2013 10:26
Last Modified: 21 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124058
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item