Korelasi Antara Profil Lipid dengan Kadar Circulating Endothelial Progenitor Cell (EPC) pada Pasien Sindroma Metabolik

Destiansyah, RifqiAulia (2013) Korelasi Antara Profil Lipid dengan Kadar Circulating Endothelial Progenitor Cell (EPC) pada Pasien Sindroma Metabolik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prevalensi obesitas di Indonesia tergolong tinggi (10,3%) dengan kecenderungan semakin meningkat. Peningkatan prevalensi obesitas menyebabkan peningkatan prevalensi sindroma metabolik. Sindroma metabolik yang salah satu gejalanya adalah dislipidemia berhubungan langsung dengan aterosklerosis. Endothelial Progenitor Cells (EPC) yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan endotel di pembuluh darah, tidak dapat berfungsi dengan baik pada keadaan sindroma metabolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara profil lipid dengan kadar EPC di dalam darah. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pengambilan data secara cross sectional dan hasilnya ditampilkan secara deskriptif menggunakan analisis korelasi. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Poli Penyakit Dalam Divisi Endokrinologi, Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar Malang. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah darah. Kadar profil lipid dan kadar EPC diukur dan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho. Hasil uji korelasi menunjukkan Kolesterol Total memiliki korelasi bermakna (r: -547,p< 0.05) terhadap penurunan EPC sedangkan komponen profil lipid lain seperti Trigliserida, HDL dan LDL tidak memiliki korelasi bermakna terhadap kadar EPC. Mekanisme bagaimana peningkatan kolesterol total menyebabakan penurunan dari EPC masih belum diketahui. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara tingginya kadar kolesterol total terhadap penurunan kadar EPC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/82/051302673
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Apr 2013 09:24
Last Modified: 21 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124045
[thumbnail of TUGAS_AKHIR_RIFQI.pdf]
Preview
Text
TUGAS_AKHIR_RIFQI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item