Pengaruh Kemoterapi terhadap Skor Osdi dan Nilai Tes Tbut sebagai Parameter Sindroma Mata Kering

Christianto, David (2014) Pengaruh Kemoterapi terhadap Skor Osdi dan Nilai Tes Tbut sebagai Parameter Sindroma Mata Kering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemoterapi adalah salah satu tipe terapi penyakit kanker dengan menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel kanker, akan tetapi obat kemoterapi memberikan efek samping pada mata. Sindroma mata kering (SMK) adalah salah satu efek samping okular dari beberapa obat kemoterapi. Salah satu penyebab dari SMK adalah ketidakstabilan pada lapisan air mata. Pada penelitian ini SMK dievaluasi dengan anamnesa Ocular Surface Disease Index (OSDI) dan pemeriksaan Tear Break Up Time (TBUT). OSDI merupakan skor yang valid dalam mengukur derajat keparahan dari SMK serta kualitas penglihatan dari penderita. TBUT merupakan suatu pemeriksaan untuk menilai stabilitas lapisan air mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemoterapi dapat mempengaruhi skor OSDI dan nilai TBUT sebagai parameter sindroma mata kering pada pasien paska kemoterapi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain observasional analitik dengan cara membandingkan hasil tes TBUT pasien kemoterapi dengan pasien yang tidak menjalani kemoterapi. Pengambilan sampel kontrol dengan menggunakan sample matching, yaitu menyesuaikan usia dan jenis kelamin dari sampel antar kelompok. Pada kelompok kemoterapi didapatkan rata-rata nilai skor OSDI sebesar 9,18 yang berarti masuk dalam kategori normal, sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata skor OSDI sebesar 13,82 yang masuk dalam kategori SMK ringan tetapi pada uji hipotesis Mann-Whitney didapatkan perbedaan skor OSDI antara kelompok kontrol dan kelompok kemoterapi yang tidak signifikan (p=0,093). Pada kelompok kemoterapi didapatkan rata-rata nilai tes TBUT sebesar 5,91 ± 4,392 detik yang berarti terjadi penurunan nilai TBUT, sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata nilai tes TBUT sebesar 11,81 ± 4,190 detik yang berarti tidak terjadi penurunan nilai TBUT. Pada tes TBUT didapatkan berkurangnya kestabilan lapisan air mata yang signifikan (p=0,004). Dapat disimpulkan bahwa kemoterapi menurunkan nilai TBUT tetapi tidak mempengaruhi skor OSDI secara signfikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/732/051401994
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Mar 2014 14:45
Last Modified: 21 Oct 2021 04:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124026
[thumbnail of i._Halaman_Judul.pdf]
Preview
Text
i._Halaman_Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of iiiii._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
iiiii._Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_-_7_+_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB_1_-_7_+_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover_+_Daftar_Isi_+_Daftar_Tabel_+_Daftar_Grafik_+_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
Cover_+_Daftar_Isi_+_Daftar_Tabel_+_Daftar_Grafik_+_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item