Ekstrak Daun Suket Gajahan (Artemisia vulgaris) sebagai Antiproliferatif pada Sel Kanker Payudara MCF-7.

Kusuma, AD (2013) Ekstrak Daun Suket Gajahan (Artemisia vulgaris) sebagai Antiproliferatif pada Sel Kanker Payudara MCF-7. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker payudara saat ini merupakan masalah global yang harus diperhatikan. Penilaian proliferasi dan apoptosis dapat untuk mengevaluasi pertumbuhan atau pengurangan massa tumor terhadap respon kemoterapi, radioterapi dan akhir-akhir ini dengan terapi hormonal. Terapi tersebut seringkali tidak terjangkau oleh masyarakat, maka dicari obat tradisional untuk pengobatan kanker. Ekstrak daun suket gajahan (Artemisia vulgaris) dengan kandungan eupatilin diharapkan menjadi salah satu alternatif obat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Studi eksperimental dengan post-test only design dilakukan pada sel kanker MCF-7 in vitro. Penambahan ekstrak daun suket gajahan pada sel dilakukan dengan 9 kelompok dosis 3 kali pengulangan dan 1 kelompok kontrol. Viabilitas sel kanker diperiksa menggunakan ELISA reader. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan viabilitas sel pada kelompok sel yang diberi perlakuan dengan kelompok kontrol memiliki perbedaan yang bermakna (p<0,05). Hasil uji korelasi juga menunjukkan bahwa semakin meningkatnya pemberian dosis ekstrak maka viabilitas sel MCF-7 cenderung menurun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun suket gajahan (Artemisia vulgaris) dapat menurunkan viabilitas sel pada sel MCF-7. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan penelitian lebih lanjut pada zat eupatilin pada daun suket gajahan dan efeknya terhadap antiproliferatif sel secara molekuler.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/71/051302662
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 10:40
Last Modified: 21 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124002
[thumbnail of Full_Text_1.pdf]
Preview
Text
Full_Text_1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item