Perbedaan Pengaruh Pola Bermain Indoor Dan Outdoor Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di RA. Sunan Kalijaga Dan RA. Ar-Ridlo Kota Malang

Akbar, Ilham (2013) Perbedaan Pengaruh Pola Bermain Indoor Dan Outdoor Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di RA. Sunan Kalijaga Dan RA. Ar-Ridlo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Emosi adalah suatu respon yang muncul atau dimanifestasikan baik secara afektif maupun motorik yang disebabkan oleh adanya persepsi kognitif seseorang. Emosi dapat berarti positif dan dapat juga berarti negatif. Bermain adalah salah satu faktor yang penting dalam perkembangan emosi yang positif pada anak. Usia 4-6 tahun merupakan masa golden age, yaitu masa dimana otak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Stimulasi perkembangan emosi anak penting dilakukan pada usia ini agar anak dapat berkembang secara optimal. Melalui metode bermain outdoor yang baik, anak dapat memperoleh stimulasi yang baik untuk mengoptimalkan perkembangan emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Pola Bermain Indoor Dan Outdoor Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel total sebesar 87 responden dengan detail 44 responden untuk pola bermain outdoor dan 43 responden untuk pola bermain indoor. Data diambil dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisa menggunakan komparatif Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak prasekolah usia 4-6 tahun di RA. Ar-Ridlo dan RA. Sunan Kalijaga Malang sebagian besar memiliki perkembangan emosi yang cukup dengan 30 anak (36%) untuk pola bermain indoor dan 28 anak (32%) untuk pola bermain outdoor. Hasil uji komparatif (dengan α=0.020) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara pola bermain outdoor dan indoor dengan perkembangan emosi anak prasekolah usia 4-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar ibu dan guru pengajar lebih meningkatkan metode bermain outdoor pada anak, sehingga dapat memberikan stimulasi untuk perkembangan emosi anak agar lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/551/051308341
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Oct 2013 09:55
Last Modified: 20 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123839
[thumbnail of 14._BAB_V.pdf]
Preview
Text
14._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15._BAB_VI.pdf]
Preview
Text
15._BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16._BAB_VII.pdf]
Preview
Text
16._BAB_VII.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 33._Dapus.pdf]
Preview
Text
33._Dapus.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._abstrak_indo.pdf]
Preview
Text
4._abstrak_indo.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._abstrak_eng.pdf]
Preview
Text
5._abstrak_eng.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_III.pdf]
Preview
Text
12._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._daftar_isi.pdf]
Preview
Text
6._daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_II.pdf]
Preview
Text
11._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_I.pdf]
Preview
Text
10._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
13._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item