Aly, AmriRachman (2013) Hubungan Karakteristik Pasien dengan Tingkat Kepuasan terhadap Pelayanan di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan. Kepuasan dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya karakteristik pasien. Karakteristik pasien diamati dari jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, jumlah kunjungan, dan status pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada pasien Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Kuesioner dibagi secara acak kepada 290 pasien dengan kriteria: (1) telah mendapatkan pelayanan di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, (2) berusia 17 tahun ke atas, dan (3) bersedia menandatangani surat persetujuan menjadi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pasien mempengaruhi tingkat kepuasan secara statistik memiliki hubungan yang lemah. Namun secara deskriptif, setiap karakteristik pasien memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Pasien wanita lebih merasa puas daripada pasien pria; pasien usia 21-30 tahun lebih merasa puas daripada kelompok usia yang lain; pasien berpendidikan SMA lebih merasa puas daripada kelompok pendidikan yang lain; pasien yang terdiri atas pelajar, ibu rumah tangga, dan pensiunan lebih merasa puas daripada kelompok pekerjaan yang lain; pasien ulang lebih merasa puas daripada pasien yang pertama kali berkunjung; pasien umum lebih merasa puas daripada pasien askes dan Jamkesmas/Jamkesda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik pasien mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap pelayanan di Poli Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar meskipun secara statistik menunjukkan hubungan yang lemah
English Abstract
Patient satisfaction is one of indicators which used to assess the quality of health care. Satisfaction influenced by various aspects, which is patient characteristic. It was observed by gender, age, education level, occupation, number of visits, and the status of the patient. This study aimed to determine the correlation of patient characteristics and patient satisfaction to Dental Clinic Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar service. The study was conducted by distributing questionnaires to patients in Dental Clinic Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Questionnaires were randomized to 290 patients with the following criteria: (1) has been getting services in Dental Clinic Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, (2) aged 17 years and over, and (3) willing to sign an informed consent for being respondents. The results statistically showed that patient characteristics affect the level of satisfaction although weak ties. Moreover descriptively, every patient characteristic has a various level of satisfaction. Female patients are more satisfied than male patients; patients aged 21-30 years are more satisfied than other age groups; educated SMA (Senior High School) patients are more satisfied than other educational groups; patients consisting of students, housewives, and retired more satisfied than other job groups; comeback patients are more satisfied than patients in their first visit; public patients are more satisfied than health insurance and Jamkesmas/Jamkesda patients. The conclusion on this research is statistically showed that patient characteristics affect the satisfaction level of service in Dental Clinic Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar although weak ties.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2013/462/51306201 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 29 Jul 2013 09:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123746 |
Preview |
Text
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4_BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3_BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2_ABSTRAK_INDONESIA_+_INGGRIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6_BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5_BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7_BAB_V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
8_BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9_BAB_VII.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |