Uji Potensi Larutan Rendaman Kubis Sebagai Atraktan Nyamuk Culex sp

Ariyatmo, Medy (2013) Uji Potensi Larutan Rendaman Kubis Sebagai Atraktan Nyamuk Culex sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atraktan merupakan salah satu bentuk pengendalian nyamuk dengan menggunakan media dan bahan yang dapat menarik nyamuk. Bahan yang menghasilkan asam laktat dapat menarik nyamuk. Bahan yang diduga memiliki potensi sebagai atraktan adalah larutan rendaman kubis. Reaksi pembusukan larutan kubis menghasilkan asam laktat yang merupakan bahan penarik nyamuk melalui reseptornya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh larutan rendaman kubis sebagai atraktan nyamuk Culex sp. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium. Rancangan eksperimental yang digunakan adalah post test control group design dimana subjek menggunakan 3 kelompok dengan 15 nyamuk setiap kelompoknya. Kelompok 1 diberikan larutan gula 10% sebagai kontrol positif, kelompok 2 diberikan aquades sebagai kontrol negatif, kelompok 3 diberikan larutan rendaman kubis. Penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan (ANOVA, p <0,05) antara kontrol dan perlakuan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa larutan rendaman kubis memiliki pengaruh yang lebih besar sebagai atraktan nyamuk Culex spdi banding larutan gula 10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/409/051305440
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jun 2013 09:41
Last Modified: 25 Jun 2013 09:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123693
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item