Hubungan Hasil Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi dengan Kemampuan Komunikasi Verbal Pasien Skizofrenia Menarik Diri di RSJ dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang.

Isfanhari, Ardiansyah (2013) Hubungan Hasil Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi dengan Kemampuan Komunikasi Verbal Pasien Skizofrenia Menarik Diri di RSJ dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skizofrenia adalah suatu gangguan psikosis fungsional berupa gangguan mental berulang yang ditandai dengan gejala-gejala psikotik yang khas. Tanda dan gejala yang sering muncul adalah menarik diri yang salah satunya ditunjukkan dengan hampir tidak pernah berkomunikasi terutama secara verbal. Agar pasien skizofrenia menarik diri dapat bersosialisasi kembali, diperlukan kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam bersosialisasi yaitu kemampuan berkomunikasi secara verbal salah satunya terapi aktivitas kelompok sosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan hasil terapi aktivitas kelompok sosialisasi terhadap kemampuan komunikasi verbal pasien skizofrenia menarik diri. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional terhadap 42 orang pasien skizofren menarik diri di RSJ Lawang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan metode non probability. Variabel yang diukur adalah hasil terapi aktivitas kelompok sosialisasi dan komunikasi verbal pada pasien menarik diri. Didapatkan hasil terapi aktivitas kelompok sosialisasi 40.5% adalah kategori cukup, dan kemampuan komunikasi verbal 59.5% adalah cukup. Uji statistik menggunakan korelasi Spearman dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisa bivariat menunjukkan adanya hubungan antara hasil TAKS dengan kemampuan komunikasi verbal dengan kekuatan korelasi 0.654. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik hasil TAKS semakin baik juga kemampuan komunikasi verbal pasien. Sehingga perlu peningkatan TAKS untuk meningkatkan komunikasi verbal pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/396/051305427
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Jun 2013 14:41
Last Modified: 13 Jun 2013 14:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123677
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item