Hubungan Siklus Menstruasi dengan Tingkat Insomnia pada Mahasiswi Jurusan Ilmu Keperawatan FKUB Malang

Choiria, Ahmi (2013) Hubungan Siklus Menstruasi dengan Tingkat Insomnia pada Mahasiswi Jurusan Ilmu Keperawatan FKUB Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang banyak dialami oleh mahasiswi keperawatan. Mahasiswa yang mengalami insomnia dapat mengalami penurunan konsentrasi dan kurang produktif, sehingga mengakibatkan penurunan prestasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya insomnia pada mahasiswi adalah perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan siklus menstruasi dengan tingkat insomnia di Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel dipilih menggunakan teknik proportional stratified simple random sampling dengan jumlah 76 mahasiswi Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya kelas reguler periode 2009 sampai 2012. Hasil uji statistik Koefisien Kontingensi diperoleh p = 0,348 (p>0,05). Hasil tersebut dapat diartikan bahwa tidak terdapat hubungan antara siklus menstruasi dengan tingkat insomnia di Jurusan Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya kelas reguler periode 2009 sampai 2012. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor lain seperti gaya hidup, lingkungan dan fase siklus menstruasi yang tidak dapat dikendalikan oleh peneliti. Dari hasil ini disarankan kepada mahasiswi keperawatan agar tetap mempertahankan tidur adekuat guna mencegah dampak negatif insomnia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/358/051305059
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:36
Last Modified: 19 Jun 2013 13:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123637
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item