Perbedaan Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan Yang Mendapat ASI Eksklusif Dan Non ASI Eksklusif Di Kelurahan Lesanpuro Kec. Kedung Kandang Kota Malang

Agista, RenyNur (2013) Perbedaan Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan Yang Mendapat ASI Eksklusif Dan Non ASI Eksklusif Di Kelurahan Lesanpuro Kec. Kedung Kandang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat pemberian ASI Eksklusif di Indonesia yang tergolong masih sangat rendah yaitu baru 15,3% bayi yang mendapat ASI Eksklusif hingga enam bulan, sehingga tingkat pemberian Non ASI Eksklusif di Indonesia justru semakin meningkat, memberikan ASI sedini mungkin segera setelah lahir, merupakan stimulasi dini terhadap tumbuh kembang bagi anak. Rendahnya pemberian ASI merupakan ancaman bagi tumbuh kembang anak yang akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan kualitas sumber daya manusia secara umum. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan yang mendapat ASI Eksklusif dan Non ASI Eksklusif di Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik, pendekatan dengan Metode Cross sectional dengan sampel 30 bayi usia 0-6 bulan. Analisa data secara bivariat dengan menggunakan uji Chi-square menunjukkan jenis ASI yang diberikan (ASI Eksklusif dan Non ASI Ekskusif) memberikan perbedaan yang signifikan terhadap pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan yang mengacu pada ( . Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bayi usia 0-6 bulan yang mendapat ASI Eksklusif dengan pertumbuhan normal jumlahnya lebih banyak daripada bayi yang mengalami petumbuhan kurus. Sedangkan, bayi usia 0-6 bulan yang mendapat Non ASI Eksklusif dengan pertumbuhan kurus jumlahnya lebih banyak daripada bayi yang mengalami pertumbuhan normal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/313/051304840
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jun 2013 09:33
Last Modified: 25 Jun 2013 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123593
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item