Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Tablet Besi Ibu Hamil Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Besi Di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Malang

Hidayatunnikmah, Nina (2013) Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Tablet Besi Ibu Hamil Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Besi Di Wilayah Kerja Puskesmas Cisadea Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anemia selama kehamilan merupakan salah satu masalah yang bisa meningkatkan morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi. Kebutuhan zat besi selama kehamilan melalui makanan sehari-hari masih sangat sedikit. Dalam hal ini pemerintah melakukan pencegahan kekurangan zat besi selama kehamilan dengan pemberian suplemen zat besi secara gratis pada semua ibu hamil, akan tetapi manfaat pemberian tablet besi selama kehamilan sering dihambat oleh kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet besi. Kepatuhan merupakan prilaku yang dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri individu yaitu pendidikan dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang tablet besi ibu hamil dengan kepatuhan mengkonsumsi tablet besi di wilayah kerja puskesmas cisadea Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional meliputi 60 ibu hamil yang mengkonsumsi >90% tablet besi yang diberikan oleh pemerintah. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa multivariat dengan menggunakan uji regresi binary logistic yang menunjukan bahwa tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang tablet besi ibu hamil memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepatuhan mengkonsumsi tablet besi (<0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/312/051304839
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jun 2013 09:23
Last Modified: 25 Jun 2013 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123592
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item