Pengaruh aplikasi asam askorbat terhadap microleakage restorasi resin komposit pasca bleaching.

Padma, GiacintaYolata (2013) Pengaruh aplikasi asam askorbat terhadap microleakage restorasi resin komposit pasca bleaching. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bleaching dapat menimbulkan dampak negatif pada berbagai restorasi dan bahan restorasi. Bleaching dapat meningkatkan microleakage restorasi resin komposit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi pengaruh aplikasi asam askorbat 10% terhadap microleakage restorasi resin komposit. Sampel yang digunakan adalah 21 gigi anterior atas yang telah dicabut, tidak terdapat karies dan restorasi. Sampel dibagi menjadi tiga kelompok (n = 7). Kelompok 1 tidak diberi perlakuan bleaching (kontrol), kelompok 2 dan 3 di-bleached menggunakan karbamid peroksida selama delapan jam per hari selama satu minggu. Kelompok 3 diaplikasi asam askorbat 10% sebagai antioksidan pasca bleaching. Setelah semua sampel direstorasi menggunakan resin komposit, microleakage diukur. Microleakage diukur dengan mengamati penetrasi methylene blue. Data dianalisa dengan one-way analysis of variance dan uji post hoc LSD (Least Significant Difference). Hasil analisa statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kontrol dan kelompok 2 serta antara kelompok 2 dan kelompok 3. Pada gigi yang di-bleaching rerata microleakage restorasi resin komposit pada kelompok 2 jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dan kelompok 3. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara kontrol dengan kelompok yang di-bleaching dan diaplikasi asam askorbat 10%. Restorasi resin komposit yang dilakukan setelah bleaching dapat tetap dilakukan setelah aplikasi asam askorbat 10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/288/051304523
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 14:47
Last Modified: 02 May 2013 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123567
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item