Pengaruh Lama Perendaman Resin Akrilik Heat Cured Dalam Jus Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) Terhadap Kekuatan

Tarida, Monia (2013) Pengaruh Lama Perendaman Resin Akrilik Heat Cured Dalam Jus Buah Kiwi (Actinidia deliciosa) Terhadap Kekuatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Resin akrilik merupakan bahan yang masih sering digunakan sebagai basis gigi tiruan di bidang kedokteran gigi. Jenis resin akrilik yang banyak dipakai adalah heat cured karena memiliki banyak kelebihan, tetapi jenis ini juga memiliki kekurangan yaitu mudah menyerap cairan, sisa makanan, bahan kimia, dan mudah patah bila terjatuh pada permukaan yang keras. Buah kiwi yang sudah banyak dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia mengandung antioksidan atau polifenol (senyawa flavonoid). Senyawa flavonoid dapat bereaksi dengan resin akrilik yang menyebabkan kerusakan kimiawi pada permukaannya sehingga menimbulkan keretakan dan penurunan kekuatan impak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman resin akrilik heat cured dalam jus buah kiwi (Actinidia deliciosa) terhadap kekuatan impak. Penelitian ini menggunakan 24 sampel dengan ukuran 65mm x 10mm x 2,5mm dengan waktu perendaman selama 7 hari dan 14 hari yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol (perendaman dengan aquades) dan kelompok perlakuan (perendaman dengan jus buah kiwi), dimana setiap kelompok terdiri dari 6 sampel. Kekuatan impak ini diukur dengan menggunakan alat uji impact testing KRY modifikasi ITS. Hasil pengujian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji One-way ANOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah lama perendaman resin akrilik heat cured dalam jus buah kiwi mempengaruhi kekuatan impak secara signifikan. Penurunan kekuatan impak paling rendah ada pada perendaman dalam jus buah kiwi selama 14 hari. Disarankan kepada masyarakat yang menggunakan gigi tiruan lepasan sebaiknya mengurangi mengkonsumsi jus buah kiwi untuk menjaga keutuhan dan kekuatan gigi tiruan lepasan resin akrilik heat cured.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/286/051304521
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 14:39
Last Modified: 02 May 2013 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123565
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item