Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap serta Perilaku Wanita Usia Subur (WUS) tentang Personal Hygiene dengan Kejadian Keputihan di Desa Nangkan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Emilia, FilisteaWinda (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap serta Perilaku Wanita Usia Subur (WUS) tentang Personal Hygiene dengan Kejadian Keputihan di Desa Nangkan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proporsi perempuan yang mengalami keputihan sekitar 50% populasi perempuan dan mengenai hampir semua umur. Penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita menunjukkan 75% wanita di dunia menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% wanita diantaranya bisa mengalami sebanyak dua kali atau lebih. Wanita usia subur memiliki risiko keputihan lebih tinggi dibanding remaja. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keputihan salah satunya adalah personal hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap serta perilaku wanita usia subur di Desa Nangkan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar tentang personal hygiene dengan kejadian keputihan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan sampel 77 wanita usia subur. Analisa data secara bivariat dengan menggunakan uji Chi-square menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan, sikap serta perilaku tentang personal hygiene memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kejadian keputihan (α<0,05). Pengujian secara multivariat dengan menggunakan regresi logistik menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kejadian keputihan, sedangkan sikap dan perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap kejadian keputihan (α<0,05). Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai studi pendahuluan untuk mengembangkan penelitian dengan topik yang sama pada kelompok usia yang berbeda, terutama untuk menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputihan selain tingkat pengetahuan, sikap serta perilaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/271/051304506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 10:17
Last Modified: 02 May 2013 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123553
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item