Efektivitas Penyuluhan dengan Media Poster dan Animasi bergambar Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Usia 7-10 Tahun di MI.NU Maudluul Ulum Kota Malang.

Pertiwi, FattyNada (2013) Efektivitas Penyuluhan dengan Media Poster dan Animasi bergambar Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Usia 7-10 Tahun di MI.NU Maudluul Ulum Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit kesehatan gigi dan mulut menduduki urutan pertama dari daftar 10 besar penyakit yang paling sering dikeluhkan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan pendidikan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat yaitu dengan penyuluhan. Untuk memaksimalkan pemanfaatan indra dan meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut perlu alat bantu yang menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan dengan media poster dan animasi bergambar terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa usia 7-10 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental (eksperimen semu) dengan rancangan nonequivalent control group pre-test post-test design dilakukan terhadap siswa usia 7-10 tahun di MI NU Maudluul Ulum Kota Malang. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling untuk dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok penyuluhan dengan media poster dan animasi bergambar. Masing-masing kelompok dibandingkan antara pre test dan post test dengan menggunakan kuesioner, kemudian hasil post test poster dibandingkan dengan animasi bergambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa sesudah penyuluhan dengan media poster maupun dengan media animasi bergambar meningkat (wilcoxon, p<α). Selain itu, pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa usia 7-10 tahun setelah diberikan penyuluhan dengan media animasi bergambar lebih tinggi dibandingkan dengan media poster (mann whitney, p<α). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyuluhan dengan media animasi bergambar lebih mudah dipahami dari pada media poster dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa usia 7-10 tahun di MI.NU Maudluul Ulum Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/244/051303545
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Apr 2013 14:03
Last Modified: 30 Apr 2013 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123530
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item