Efektivitas Ekstrak Metanol Akar Putri Malu (Mimosa Pudica) Dalam Mempercepat Penutupan Luka Flap Gingiva Mukosa Oral Pada Model Tikus Wistar Diabetes.

Wulansari, GA (2013) Efektivitas Ekstrak Metanol Akar Putri Malu (Mimosa Pudica) Dalam Mempercepat Penutupan Luka Flap Gingiva Mukosa Oral Pada Model Tikus Wistar Diabetes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 4 dunia yaitu berjumlah 8,4 juta jiwa pada tahun 2000 dan diperkirakan akan bertambah menjadi 21.3 juta jiwa pada tahun 2030. Penderita diabetes memiliki kegagalan metabolik dalam tubuh mereka sehingga menjadi faktor resiko pada tindakan periodontal dan menjadikan penyembuhan luka mengalami perpanjangan dan beberapa komplikasi lain. Sampai saat ini Pengobatan hanya terapi insulin yang hanya merupakan terapi penunjang bukan merupakan terapi definitif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan efek ekstrak putri malu (Mimosa pudica) terhada proses peneymbuhan trauma gingiva pada tikus wistar model diabetes. Penelitian ini merupakan penelitian murni dengan metode Randomized Posttest Only Controlloed Group Design. Hewan coba yang digunakan adalah tikus putih (Rattus Norvegicus) dengan induksi diabetes menggunakan Streptozotocin. Pada penelitian ini hewan coba di bagi menjadi 4 kelompok dengan pengulangan sebanyak 6 (n=6) yaitu kontrol negatif, kontrol positif, perlakuan 1, dan perlakuan 2. Tikus kontrol negatif diberikan luka pada gusi; Tikus kontrol positif, Tikus hiperglikemia diberikan luka pada gusi; tikus perlakuan1, tikus hiperglikemi diberikan luka dan dosis sonde 100 mg Kg/BB ditambah topikal 2.5 % (w/w); tikus perlakuan2, tikus hiperglikemi diberikan luka pada gusi dan dosis sonde 500 mg Kg/BB ditambah topical 5 % (w/w) diperlakukuan, diamati, dan pengambilan data selama 10 hari. Data dianalisis menggunakan One way ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa pemberian ekstrak akar putri malu mampu mempercepat waktu penutupan luka dengan signifikansi (P<0,05). Terjadi progresifitas penyembuhan luka yang baik, bagi hewan coba yang mendapatkan pemberian dosis ekstrak 100 mg Kg/BB + 2,5 % (w/w) dan 500 mg Kg/BB + 5 % (w/w).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/223/051302876
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 14:44
Last Modified: 29 Apr 2013 14:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123509
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item