Hubungan Antara Faktor Lingkungan dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Kejadian Diare di Kecamatan Kabuh.

Novytania, Winda (2013) Hubungan Antara Faktor Lingkungan dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Kejadian Diare di Kecamatan Kabuh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diare merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang berbasis lingkungan, dimana sarana air bersih dan BAB serta perilaku manusia yang tidak sehat merupakan faktor dominan penyebab penyakit tersebut. Selain faktor lingkungan, faktor lain yang berpengaruh terhadap kejadian diare salah satunya adalah faktor kependudukan. Faktor kependudukan terdiri atas karakteristik pendidikan dan karakteristik ekonomi. Faktor sosial ekonomi dan pendidikan akan mempengaruhi tingkat sanitasi lingkungan pemukiman dan berperan terhadap terjadinya kesakitan diare. Angka kejadian diare di Puskesmas Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang mengalami peningkatan dari tahun 2008 yang berjumlah 915 kasus kemudian meningkat menjadi 1.024 kasus di tahun 2009 dan 1.114 kasus di tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara faktor lingkungan dan faktor sosiodemografi terhadap kejadian diare. Faktor lingkungan meliputi sumber air, tempat pembuangan tinja, dan pengelolaan sampah. Sedangkan faktor sosiodemografi meliputi pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan metode simple random sampling dari pasien di Puskesmas Kabuh Kabupaten Jombang yang berjumlah 49 orang. Untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan dan faktor sosiodemografi terhadap kejadian diare dilakukan uji analisis chi square dan multiple regression logistic. Hasil uji chi square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara sumber air, tempat pembuangan tinja, dan pekerjaan terhadap kejadian diare (p<0,05). Uji multiple regression logistic menunjukkan faktor yang paling dominan mempengaruhi terjadinya diare di Kecamatan Kabuh adalah tempat pembuangan tinja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/131/051302722
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Apr 2013 11:00
Last Modified: 19 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123408
[thumbnail of FULL_TEXT.pdf]
Preview
Text
FULL_TEXT.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item