Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Pada Siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan.

Iriani, HennyCicilia (2013) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Pada Siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, pada masa ini terjadi perubahan yang cepat, dengan adanya perubahan-perubahan itu jika kurang pengetahuan menyebabkan timbulnya perasaan cemas dan takut. Untuk mengatasinya adalah memberikan penyuluhan kesehatan. Dengan adanya penyuluhan memudahkan terjadinya perilaku sehat di kalangan remaja putri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy-experiment dengan metode nonequivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan yang dipilih dengan cara Simple Random Sampling untuk dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan penyuluhan kesehatan menarche (n=43) dan kelompok kontrol tanpa penyuluhan kesehatan (n=43). Variabel yang diukur adalah pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Peningkatan pengetahuan sesudah pemberian penyuluhan kesehatan ini disebabkan karena penyuluhan kesehatan dapat memberikan retensi suatu pemahaman yang baru, dengan adanya pemahaman baru dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan terhadap suatu masalah tertentu. Disimpulkan ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi SMPN 2 Tutur Pasuruan. Sehingga disarankan kepada petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan dengan metode bervariasi agar diterima oleh peserta didik dengan baik sebagai upaya pencegahan masalah kesehatan serta untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/13/051301416
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2013 09:36
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123406
[thumbnail of 051301416.pdf]
Preview
Text
051301416.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item