Uji Potensi Ekstrak Daun Zodia (Evodia suaveolens) Sebagai lnsektisida Nyamuk Culex sp. Dengan Metode Elektrik

Adiatmoko, Tri (2013) Uji Potensi Ekstrak Daun Zodia (Evodia suaveolens) Sebagai lnsektisida Nyamuk Culex sp. Dengan Metode Elektrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian serangga termasuk nyamuk Culex sp. dengan menggunakan insektisida kimia dapat menimbulkan masalah baru, yaitu pencemaran lingkungan yang berdampak negatif bagi kesehatan manusia. Solusi alternatifnya adalah dengan memanfaatkan bahan alami dari tumbuhan yang memiliki efek sebagai insektisida. Penggunaan metode elektrik untuk insektisida merupakan metode aman, murah, dan aplikatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ekstrak daun zodia (Evodia suaveolens) mempunyai efek insektisida terhadap nyamuk Culex sp. Penelitian ini merupakan penelitian experimental laboratories dengan rancangan true experimental-post test only control group design. Data yang digunakan adalah data dari hasil pengamatan di Laboratorium Parasitologi Universitas Brawijaya. Setelah itu, data dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh Nyamuk Culex sp. yang diberi perlakuan menggunakan larutan ekstrak daun zodia mengalami kematian sebesar 100% pada jam ke-12 pada konsentrasi 30%. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak daun zodia mempunyai hubungan yang bermakna (signifikan) dengan korelasi positif yang kuat terhadap kematian nyamuk (p = 0.00 dan r = 0.785). Diketahui juga lama waktu kontak ekstrak daun zodia mempunyai hubungan yang bermakna (signifikan) dengan korelasi positif tingkat sedang terhadap kematian nyamuk (p = 0.003 dan r = 0.504). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ekstrak daun zodia (Evodia suaveolens) memiliki efek insektisida terhadap nyamuk, dengan konsentrasi minimum yang mempunyai efek insektisida maksimum adalah 30%. Adanya peningkatan konsentrasi dan lama waktu paparan ekstrak akan meningkatkan efek insektisida pada nyamuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/125/051302716
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Apr 2013 14:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123401
[thumbnail of Uji_Potensi_Daun_Zodia.pdf]
Preview
Text
Uji_Potensi_Daun_Zodia.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item