Uji Efektivitas Ekstrak Lada Hitam (Piper nigrum) Sebagai lnsektisida Terhadap Nyamuk Culex sp Dengan Metode Elektrik.

Harvianata, VianggaraSurya (2012) Uji Efektivitas Ekstrak Lada Hitam (Piper nigrum) Sebagai lnsektisida Terhadap Nyamuk Culex sp Dengan Metode Elektrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian serangga termasuk nyamuk Culex sp dengan menggunakan penyemprotan insektisida kimia, dapat menimbulkan masalah baru yaitu pencemaran lingkungan dan dampak negatif lainnya. Alternatif solusinya adalah dengan memanfaatkan tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai insektisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ekstrak lada hitam ( Piper nigrum ) mempunyai efek insektisida terhadap nyamuk Culex sp . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratories dengan rancangan true experimental-post test only control group design . Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari hasil pengamatan di Laboratorium Parasitologi. Setelah itu, data dianalisa dengan menggunakan uji Anova. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh Nyamuk Culex sp yang diberi perlakuan menggunakan larutan ekstrak Lada Hitam mengalami kematian sejumlah 100% pada jam ke-24 pada konsentrasi 10% dan 15 %. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa lama waktu pengamatan mempunyai hubungan yang bermakna (signifikan) terhadap kematian pada nyamuk (p<0.05). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Ekstrak Lada Hitam ( Piper nigrum ) memiliki efek insektisida terhadap nyamuk, dengan konsentrasi minimum yang mempunyai efek insektisida maksimum adalah 10%. Adanya peningkatan lama waktu pengamatan akan meningkatkan efek insektisida pada nyamuk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/411/051301933
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Mar 2013 13:46
Last Modified: 19 Oct 2021 03:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123336
[thumbnail of 051301933.pdf]
Preview
Text
051301933.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item