Uji Efektivitas Ekstrak Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) Sebagai lnsektisida Terhadap Lalat Rumah (Musca domestica) Dengan Metode Semprot.

Hexandira, OnzaPramudyta (2012) Uji Efektivitas Ekstrak Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) Sebagai lnsektisida Terhadap Lalat Rumah (Musca domestica) Dengan Metode Semprot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian serangga termasuk lalat rumah ( Musca domestica ) dengan menggunakan penyemprotan insektisida kimia, dapat menimbulkan masalah baru yaitu pencemaran lingkungan dan dampak negatif lainnya. Alternatif solusinya adalah dengan memanfaatkan tumbuhan yang memiliki khasiat pestisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ekstrak Cabe Jawa ( Piper retrofractum vahl .) mempunyai efek insektisida terhadap lalat rumah ( Musca domestica ). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratories dengan rancangan true experimentalpost test only control group design . Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data dari hasil pengamatan di Laboratorium Parasitologi. Setelah itu, data dianalisa dengan menggunakan uji Kruskall Wallis dan korelasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh lalat Musca domestica yang disemprot menggunakan larutan ekstrak Cabe Jawa mengalami kematian sejumlah 100% pada jam ke-24 pada konsentrasi 20%, 25%, dan 30 %. Sehingga semua konsentrasi memiliki efek sebagai insektisida terhadap lalat rumah (Musca domestica). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa lama waktu pengamatan mempunyai hubungan yang bermakna (signifikan) terhadap kematian Bada lalat (p<0.05). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Ekstrak Cabe Jawa ( Piper retrofractum Vahl. ) memiliki efek insektisida terhadap lalat, dengan konsentrasi minimum yang mempunyai efek insektisida maksimum adalah 20%. Adanya peningkatan lama waktu pengamatan akan meningkatkan efek insektisida pada lalat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/393/051301389
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2013 16:15
Last Modified: 19 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123317
[thumbnail of 051301389.pdf]
Preview
Text
051301389.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item