Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Rendah Garam pada Penderita Hipertensi di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang.

Andryani, LuhPutuArya (2012) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Rendah Garam pada Penderita Hipertensi di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia yang dapat terjadi akibat dari salah satu masalah yang sering muncul dari perubahan gaya hidup, seperti mengkonsumsi makanan yang kadar garamnya tinggi, obesitas, dan stress. Cara untuk mengatasi berkembangnya penyakit hipertensi adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan dan mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat salah satunya dengan diet rendah garam. Dalam menjaga perilaku pola makan diet rendah garam terdapat beberapa faktor yang kemungkinan mempengaruhi, antara lain pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet rendah garam pada penderita hipertensi di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional study . Teknik pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden 89 pasien. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah kuesioner. Dari hasil pengolahan data menggunakan uji statistik Spearman Rank pada SPSS for windows 17 dengan taraf signifikansi 95% ( α = 0,05) diperoleh nilai korelasi positif sebesar 0,469 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet rendah garam. Mengingat adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet rendah garam diharapkan informasi ini dapat lebih meningkatkan perawat dalam memberikan advokasi mengenai dukungan keluarga yang tepat kepada keluarga, sehingga dapat membantu meningkatkan kepatuhan pasien dalam menjalani diet rendah garam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/391/051301387
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Feb 2013 15:18
Last Modified: 19 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123315
[thumbnail of 051301387.pdf]
Preview
Text
051301387.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item