Uji Potensi Ekstrak Daun Singkong (Manihot utilisima pohl) sebagai Insektisida terhadap Nyamuk Culex sp. dengan Metode Elektrik.

Octavia, Rahayu (2012) Uji Potensi Ekstrak Daun Singkong (Manihot utilisima pohl) sebagai Insektisida terhadap Nyamuk Culex sp. dengan Metode Elektrik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nyamuk genus Culex merupakan vektor biologis dari penyakit : filariasis, Japanese encephalitis , dan demam chikungunya . Pemberantasan nyamuk dengan insektisida kimiawi dapat merangsang terjadinya adaptasi diri serangga terhadap insektisida yang akan diturunkan ke generasi berikutnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya insektisida alternatif yang lebih aman bagi lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ekstrak daun singkong (Manihot utilisima pohl) . Kandungan aktif ekstrak daun singkong yang diduga bermanfaat sebagai insektisida adalah golongan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi insektisida ekstrak daun singkong terhadap nyamuk Culex sp. dewasa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode post test only control group design . Pengulangan dilakukan sebanyak 4 kali pada interval waktu yaitu jam ke-1, jam ke-2, jam ke-3, jam ke-4, jam ke-5, jam ke-6, jam ke-24. Sampel yang digunakan adalah 25 ekor nyamuk Culex sp dewasa tiap perlakuan. Perlakuan yang digunakan yaitu konsentrasi ekstrak daun singkong sebesar 15%, 20%, 25% dan kontrol positif (larutan daletrin 4 Ig/l.). Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi insektisida maksimal sebesar 100% pertama kali dicapai oleh konsentrasi perasan 25% pada jam ke-24, kemudian disusul oleh konsentrasi 20% dengan potensi puncak 100% pada jam ke 24, dan konsentrasi 15% dengan potensi puncak 97% pada jam ke-24. Hasil uji korelasi Pearson didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang kuat dan arah yang positif antara besar konsentrasi ekstrak daun singkong dan lamanya waktu pengamatan dengan potensi insektisida. Kesimpulan yang dapat diambil adalah ekstrak duan singkong dapat berpotensi sebagai insektisida terhadap nyamuk Culex sp dewasa. Potensi insektisida tidak hanya dipengaruhi oleh besarnya konsentrasi, tetapi juga dipengaruhi oleh lamanya waktu pengamatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/389/051300899
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Feb 2013 09:02
Last Modified: 19 Oct 2021 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123313
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_revisi.pdf]
Preview
Text
BAB_I_revisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT_eng.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT_eng.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of judul.pdf]
Preview
Text
judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_ind.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_ind.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item