Uji Potensi Ekstrak Daun Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Sebagai Insektisida Terhadap Lalat (Chrysomyia sp.) dengan metode semprotan.

Biaspal, Tanisha (2012) Uji Potensi Ekstrak Daun Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Sebagai Insektisida Terhadap Lalat (Chrysomyia sp.) dengan metode semprotan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Chrysomyia sp . dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti demam tifoid dan myiasis. Usaha pengendalian lalat menjadi sulit karena keterbatasan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan insektisida. Usaha alternatif sebagai pencegahan Chrysomyia sp . dilakukan dengan menggunakan ekstrak daun cengkeh sebagai insektisida. Syzygium aromaticum memiliki bahan aktif eugenol yang memiliki efek sebagai pembunuh lalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak daun cengkeh sebagai insektisida terhadap lalat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan 4 kali pengulangan pada interval waktu 2 jam selama 24 jam. Sampel yang digunakan adalah 10 ekor lalat Chrysomyia sp . dalam setiap perlakuan dengan menggunakan ekstrak daun cengkeh 10%, 7.5%, 5% dan kontrol positif (malathion 0.28%). Analisis yang digunakan one way ANOVA . Dari penelitian, rata-rata nilai signifikan yang diperoleh pada setiap selang waktu 2 jam adalah 0,000 berarti masing-masing konsentrasi ekstrak daun cengkeh mempunyai perbedaan yang signifikan antara satu sama lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun cengkeh memiliki potensi sebagai insektisida terhadap lalat; semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun cengkeh, semakin besar potensi insektisida. Selain itu, semakin lama waktu perlakuan, maka semakin tinggi potensi insektisida. Disarankan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui metode insektisida yang efektif dan efek samping yang ditimbulkan ekstrak daun cengkeh sebagai insektisida .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/376/051300224
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Feb 2013 15:24
Last Modified: 19 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123300
[thumbnail of TA_FULL_TEXT_PRINT.pdf]
Preview
Text
TA_FULL_TEXT_PRINT.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN-tanisha_pg52.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN-tanisha_pg52.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_tanisha.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_tanisha.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR-tanisha.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR-tanisha.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FRONT_COVER_TANISHA.pdf]
Preview
Text
FRONT_COVER_TANISHA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi_Tanisha.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi_Tanisha.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA-tanisha_pg50.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA-tanisha_pg50.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item