Pengaruh Pemberian Ekstrak Propolis dalam Menurunkan Kadar Trigliserida pada Tikus Putih (Rattus novergiccus) Strain Wistar dengan Diet Tinggi Lemak.

Maziya, Yulianda (2012) Pengaruh Pemberian Ekstrak Propolis dalam Menurunkan Kadar Trigliserida pada Tikus Putih (Rattus novergiccus) Strain Wistar dengan Diet Tinggi Lemak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hiperlipidemia didefinisikan sebagai peningkatan dari salah satu atau lebih dari kolesterol, kolesterol ester, fosfolipid, atau trigliserida. Kadar lemak yang abnormal dapat berkontribusi pada penyakit jantung koroner, peripheral vascular disease , stroke, dan problem kesehatan lainnya. Namun, sekarang herbal berperan sebagai obat alternatif di masyarakat. Ekstrak propolis diyakini menjadi obat alternatif untuk menurunkan kadar trigliserida karena mengandung zat aktif yaitu flavonoid, polifenol, quercetin, niasin, dan tannin. Alasan kita memilih ekstrak propolis karena mudah didapat, harga terjangkau, dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak propolis terhadap kadar trigliserida serum pada tikus putih ( Rattus novergiccus ) strain wistar yang diberi perlakuan diet tinggi lemak. Desain penelitian ini adalah Control Group Post Test Design , tikus dibagi menjadi lima kelompok; kelompok kontrol negatif (tikus diet normal saja), kelompok kontrol positif (tikus diet tinggi lemak saja), dan 3 lainnya kelompok diet tinggi lemak ditambah ekstrak propolis dengan dosis berbeda 15 mg, 30 mg, 45 mg/kgBB/hari, selama 59 hari. Kemudian tikus dibedah untuk diperiksa kadar trigliseridanya. Data kadar trigliserida dianalisis menggunakan One-Way ANOVA. Dari hasil uji One-Way ANOVA didapatkan p=0,039 (<0,05) yang berarti adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelima kelompok tersebut. Uji korelasi menunjukkan kekuatan hubungan yang tidak cukup kuat antara dosis ekstrak propolis dengan kadar trigliserida (Korelasi, r = 0,448: p<0,05). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak propolis berpengaruh dalam menurunkan kadar trigliserida serum pada tikus putih ( Rattus novergiccus ) strain wistar yang diberi diet tinggi lemak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/372/051300220
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2013 14:56
Last Modified: 19 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123297
[thumbnail of 051300220.pdf]
Preview
Text
051300220.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item