Imunogenitas Antibodi Telomerase Dari Telomerase Mouse Peptide.

Pahlevi, Faizal Reza (2012) Imunogenitas Antibodi Telomerase Dari Telomerase Mouse Peptide. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap tahun ditemukan insiden kanker di dunia lebih dari 10 juta kasus. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, kanker merupakan penyebab kematian ketujuh di Indonesia dengan proporsi 5,7% setelah stroke, TB paru, hipertensi, cedera, perinatal, dan diabetes mellitus. Sel kanker adalah sel yang immortal dan tidak mempunyai anchorage dependence (faktor pertumbuhan yang biasanya diperlukan sel normal untuk mulai membelah). Setiap sel kanker memerlukan telomerase untuk siklus selnya. Diperlukan suatu terapi yang dapat secara spesifik beraksi pada area yang spesifik seperti terapi imunologi. Dalam hal pembuatan antibodi poliklonal berbagai macam faktor dapat mempengaruhi imunogenisitas antibodi seperti kompleksitas, berat molekul, epitope, homolog tatanan genetik pejamu. Kelinci albino jantan umur 12-13 minggu dengan menggunakan Telomerase Mouse Peptide yang memiliki molekul 19 AA Mouse TP1 control peptide 89% homolog terhadap TP1 manusia sebagai antigen yang akan digunakan untuk merangsang sistem imun. Imunogenitas suatu antigen dapat dilihat dengan metode Western blot dan ELISA. Hasil Western blot didapatkan ikatan antigen-antibodi, ditunjukkan dengan penebalan pita pada membran nitroselulosa dengan berat molekul 58 KDa. Sedangkan hasil dari ELISA pada penelitian ini ditunjukkan dengan uji immunoblotting antara antibodi telomerase dengan enzim telomerase bahwa sampai minggu ke-5 antibodi telomerase masih diproduksi. Setelah dilakukannya booster ke-2, produksi antibodi meningkat lebih tinggi dari peningkatan yang terjadi pada booster ke-1. Hal ini terjadi karena adanya sel memori. Sesuai dengan konsep imun dimana akan terbentuk sel memori pada paparan antigen yang berikutnya. Temuan ini mendukung bahwa Telomerase Mouse Peptide berpotensi digunakan sebagai antigen imunogenik untuk merangsang sistem imun dalam membentuk antibodi terhadap telomerase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/367/051300215
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2013 14:07
Last Modified: 29 Dec 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123293
[thumbnail of 051300215.pdf]
Preview
Text
051300215.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item