Efek Ekstrak Etanol Daun Pacar Air (Impatiens balsamina Linn) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro Dengan Metode Dilusi Agar.

Wardani, NiMadeAyuMuliaKusuma (2012) Efek Ekstrak Etanol Daun Pacar Air (Impatiens balsamina Linn) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro Dengan Metode Dilusi Agar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bakteri Salmonella Typhi dapat menyebabkan infeksi sistemik pada manusia yang disebut dengan demam tifoid. Daun Pacar Air ( Impatiens balsamina Linn ) adalah salah satu alternatif bahan alam yang diduga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella Typhi karena memiliki kandungan aktif senyawa antimikroba seperti flavonoid, saponin dan kumarin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antimikroba ekstrak etanol daun Pacar Air (Impatiens balsamina Linn) terhadap Salmonella Typhi dengan menggunakan desain penelitian eksperimental laboratorik dengan metode dilusi agar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat isolat bakteri Salmonella Typhi berbeda yang diambil dari spesimen darah pasien demam tifoid dari daerah Malang dan Bali. Konsentrasi ekstrak etanol daun Pacar Air yang digunakan yaitu 1%; 2%; 3%; 4% dan 5%. Dari penelitian didapatkan KHM pada isolat bakteri ke-1 yang berasal dari Malang dan isolat ke-4 yang berasal dari Bali adalah pada konsentrasi 3%, sedangkan KHM isolat bakteri yang ke-2 yang berasal dari Malang dan isolat ke-3 berasal dari Bali adalah pada konsentrasi 2%. Analisis data dari hasil penelitian menunjukkan secara signifikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara konsentrasi ekstrak etanol daun Pacar Air dengan pertumbuhan bakteri Salmonella Typhi (Kruskal Wallis p<0,05; Korelasi Spearman= -0,863). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun Pacar air ( Impatiens balsamina Linn) memiliki efek antimikroba terhadap bakteri Salmonella Typhi secara in vitro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/355/051205808
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2013 13:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123282
[thumbnail of 051205808.pdf]
Preview
Text
051205808.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item