Uji Potensi Ekstrak Etanol Kunyit (Curcuma longa) Sebagai Insektisida Terhadap Lalat Musca Domestica Menggunakan Metode Semprot.

Hamid, NurFadzilah (2012) Uji Potensi Ekstrak Etanol Kunyit (Curcuma longa) Sebagai Insektisida Terhadap Lalat Musca Domestica Menggunakan Metode Semprot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lalat Musca domestica merupakan vektor dari pelbagai penyakit sehingga dapat membawa dan menyebarkan penyakit kepada manusia melalui penularan secara mekanik maupun menyebabkan myasis. Usaha alternatif sebagai pencegahan kehadiran Musca domestica dapat dilakukan dengan menggunakan ekstrak etanol kunyit sebagai insektisida. Curcuma longa memiliki bahan aktif curcumin, eugenol, quercetine dan 1,8-cineole yang diperkirakan memiliki efek sebagai insektisida terhadap lalat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak etanol kunyit (Curcuma longa) sebagai insektisida terhadap lalat Musca domestica menggunakan metode semprot. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan 4 kali pengulangan pada 6 interval waktu yaitu jam ke 0, 1, 2, 4, 6 dan 24. Sampel yang digunakan adalah 200 ekor lalat Musca domestica dengan perlakuan menggunakan kontrol positif (malathion 0,28%), kontrol negatif (aquades), ekstrak etanol kunyit 5%, 7,5%, dan 10%. Analisis yang digunakan one way ANOVA . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar konsentrasi ekstrak etanol kunyit, semakin besar pula potensinya sebagai insektisida. Terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi 5%, 7,5% dan 10% dengan konsentrasi terendah yang dapat membunuh 100% lalat adalah konsentrasi 8,26% pada jam ke-24. Hasil uji korelasi Pearson berdasarkan ketiga konsentrasi ekstrak didapatkan angka signifikansi p=0,000, berarti terdapat korelasi yang signifikan antara besarnya konsentrasi dengan besarnya potensi insektisida. Kesimpulan dari penelitian ini ekstrak etanol kunyit ( Curcuma longa ) memiliki potensi sebagai insektisida terhadap lalat Musca domestica , di mana semakin tinggi konsentrasi maka semakin besar potensi insektisida. Disarankan adanya penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui metode insektisida yang efektif, efek samping yang ditimbulkan ekstrak etanol kunyit Curcuma longa sebagai insektisida serta potensi ekstrak terhadap lalat dan parasit lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/321/051205124
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2012 15:45
Last Modified: 19 Oct 2021 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123259
[thumbnail of 051205124.pdf]
Preview
Text
051205124.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item