Efek Supresi Curcumin Pada Organogenesis Dan Morfogenesis Embrio Ayam Umur 48 Jam.

Kusumaningrum, Estiani (2012) Efek Supresi Curcumin Pada Organogenesis Dan Morfogenesis Embrio Ayam Umur 48 Jam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan embrio diiringi dengan peningkatan nutrisi, oksigenasi serta pembuangan zat-zat sisa metabolisme sel. Peningkatan kebutuhan tersebut merangsang sel-sel mesenkimal untuk menginduksi sel endotel menjadi jaringan pembuluh darah, proses ini disebut vaskulo-angiogenesis. Sistem vaskuler terbentuk sempurna akan memfasilitasi dan memastikan proses organogenesis dan morfogenesis embrio berjalan tanpa ada gangguan. Gangguan pada proses ini dapat menghambat dan menyebabkan defek kongenital. Curcumin sering digunakan sebagai bahan makanan hingga obat – obatan di berbagai lapisan masyarakat. Walau sudah menjadi konsumsi sehari-hari, penelitian mengenai keamanan curcumin terhadap embrio masih sangat terbatas dan belum bisa menjelaskan pengaruhnya terhadap kondisi fetal. Melalui penelitian ini peneliti mengamati pengaruh curcumin secara in ovo pada embrio ayam terutama yang terkait dengan proses vaskulo-angiogenesis yang dapat mempengaruhi proses organogenesis. Konsentrasi curcumin sebagai perlakuan adalah 12,5 μM, 25 μM dan 50 μM. Curcumin diinjeksikan pada telur berusia kurang dari 1 hari dan kemudian telur diinkubasi selama 48 jam. Berdasarkan kriteria skor embrio menurut Drake et al , hasil penelitian menunjukan bahwa curcumin berpengaruh dalam menghambat organogenesis pada embrio ayam dengan hasil uji anova yang bermakna secara statistik (p<0.05). Pada aspek sirkulasi yolk sac, berdasarkan uji Chi-square diketahui hasilnya signifikan ( p < 0.05). Curcumin juga menunjukan pengaruhnya dalam retardasi proses flexi cranial, pada perkembangan sistem optikus dan penutupan neuropore anterior berdasarkan umur embrio ayam dengan hasil uji Chi square yang bermakna secara statistik (p < 0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah curcumin menunjukan pengaruhnya dalam menghambat proses perkembangan vaskulo-angiogenesis dan menyebabkan hambatan pada proses organogenesis embrio yang terfasilitasi oleh proses tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/25/051204814
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2012 14:17
Last Modified: 19 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123254
[thumbnail of 051204814.pdf]
Preview
Text
051204814.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item