Efek Supresi Curcumin Terhadap Ekspresi VEGF Serta Pengaruhnya Pada Sirkulasi Yolk Sac, Survival Rate dan Luas Permukaan Embrio Ayam Umur 48 Jam.

Sugiarto, HafisWidakdo (2012) Efek Supresi Curcumin Terhadap Ekspresi VEGF Serta Pengaruhnya Pada Sirkulasi Yolk Sac, Survival Rate dan Luas Permukaan Embrio Ayam Umur 48 Jam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Vaskulo-angiogenesis merupakan faktor penting pada awal pertumbuhan yang diregulasi oleh berbagai faktor pertumbuhan. Curcumin diketahui memiliki efek anti angiogenesis dan telah di aplikasikan pada pengobatan kanker. Penelitian mengenai pengaruh curcumin terhadap embrio masih sangat terbatas dan belum bisa merepresentasikan pertumbuhan fetal pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh curcumin pada embrio ayam secara in ovo terutama terkait dengan vaskulo-angiogenesis. Telur ayam yang digunakan diperoloeh dari peternakan ayam Randu Agung Singosari. Konsentrasi curcumin yang digunakan adalah 12,5 μM ,25 μM dan 50 μM. Penelitian dilakukan dengan menginjeksikan curcumin pada telur berusia kurang dari 1 hari dan kemudian diinkubasikan selama 48 jam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa curcumin dapat mempengaruhi pembentukan sirkulasi yolk sac dan survival rate dari embrio. Analisis yang dilakukan dengan uji statistik effect size menunjukkan bahwa ekspresi VEGF mengalami penurunan dalam hal densitas, dan persentase serta pada luas permukaan embrio yang terklasifikasi besar (>0,8) dan uji analisis statistik menggunakan ANOVA menunjukkan penurunan yang bermakna terjadi pada ekspresi VEGF yang terdiri dari densitas dan persentase area serta luas permukaan embrio (<0,05). Uji analisis statistik Chi-Square pada sirkulasi yolk sac dan survival rate menunjukkan bahwa persebaran penurunan yang terjadi signifikan (p<0,05) dengan peningkatan dosis yang diinjeksikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu curcumin mempengaruhi pertumbuhan sistem sirkulasi embrio secara in ovo melalui hambatan terhadap sistem kerja VEGF dan mengakibatkan kematian embrio pada sampel yang ekspresi VEGFnya rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/23/051204812
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2012 14:32
Last Modified: 19 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123252
[thumbnail of 051204812.pdf]
Preview
Text
051204812.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item