Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Srikaya (Annona squamosa) terhadap Kadar Kolesterol LDL pada Tikus (Rattus norvegicus) Model Aterosklerosis.

Mardiharto, EricaEileen (2012) Pengaruh Pemberian Ekstrak Biji Srikaya (Annona squamosa) terhadap Kadar Kolesterol LDL pada Tikus (Rattus norvegicus) Model Aterosklerosis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aterosklerosis merupakan etiologi primer dari penyakit Coronary Heart Disease (CHD) atau Penyakit Jantung Koroner. LDL meningkatkan pengendapan kolesterol dan lemak di dinding pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Biji srikaya mengandung polifenol (flavonoid) sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah terjadinya aterosklerosis. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa ekstrak biji srikaya ( Annona squamosa ) dapat menurunkan kadar LDL dan mengetahui dosis optimum ekstrak biji srikaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental in vivo pada hewan coba tikus wistar ( Rattus norvegicus ) dengan design post test control group dan menggunakan 5 kelompok tikus yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 tikus. Tikus kontrol diberi pakan standar dan tikus perlakuan diberi pakan aterogenik selama 50 hari bersamaan dengan ekstrak biji srikaya dengan dosis berbeda yaitu 0.5 mg/grBB, 1 mg/grBB dan 1.5mg/grBB. Analisis data dikerjakan dengan metode one way Anova dilanjutkan Post Hoc Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak biji srikaya menurunkan LDL secara signifikan (p<0,05) dan penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh polifenol (flavonoid) yang memodifikasi kolesterol hepar dan metabolisme lipoprotein melalui penurunan MTP dan enzim ACAT sehingga degradasi apoB meningkat dan menyebabkan penurunan sintesis dan sekresi VLDL yang akhirnya menurunkan LDL. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ekstrak biji srikaya mampu menurunkan jumlah LDL pada tikus model aterosklerosis dan dosis optimum sebesar 1 mg/grBB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/17/051204807
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2012 13:47
Last Modified: 22 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123245
[thumbnail of fulltext.pdf]
Preview
Text
fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item