Uji Efek Antimikroba Ekstrak Etanol Daun Maja Terhadap Pertumbuhan Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) Secara In Vitro.

Arifin, MSyamsul (2012) Uji Efek Antimikroba Ekstrak Etanol Daun Maja Terhadap Pertumbuhan Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Infeksi nosokomial yang disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik masih menjadi momok bagi masyarakat dan tenaga medis di Indonesia . Salah satu penyebabnya adalah bakteri Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) . D aun tanaman Maja , diketahui memiliki bahan - bahan aktif yang dapat dijadikan sebagai bahan antibakteri. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan efek antimikroba ekstrak etanol daun Maja terhadap MRSA secara in vitro. Studi eksperimental berupa post test only control group design dilakukan terhadap MRSA dengan metode dilusi tabung. Kelompok perlakuan yaitu kelompok bakteri yang diberi ekstrak etanol daun maja dengan dosis 2%, 3%, 4%, 5%, dan 6%. Kelompok kontrol yaitu kelompok bakteri yang tidak diberi ekstrak (dosis 0%) dan kontrol bahan (dosis ekstrak 100%). Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa KHM dan KBM ekstrak berturut-turut adalah 2% dan 6%. Berdasarkan uji statistik, diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara dosis ekstrak etanol daun Maja dengan pertumbuhan koloni MRSA (signifikansi < 0.05 pada ANOVA). Selanjutnya, dari uji regresi korelasi didapatkan bahwa ada hubungan yang sangat erat dan berkebalikan antara dosis ekstrak dengan jumlah koloni yang tumbuh (nilai korelasi(r) = -0.995). Kesimpulan penelitian ini yaitu ekstrak etanol daun Maja memiliki efek antibakteri terhadap MRSA. Namun, penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mengembangkan potensi ekstrak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/121/051204925
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2012 15:34
Last Modified: 06 Dec 2012 15:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123240
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item