Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Penanganan Gelandangan, Pengemis dan Anak Jalanan Pada UPTD Liponsos Keputih

WicaksonoAkbar, Aditya (2016) Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Penanganan Gelandangan, Pengemis dan Anak Jalanan Pada UPTD Liponsos Keputih. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, menganalisis Implementasi Kebijkan pelayanan kesejahteraan sosial dari tingkat keberhasilan strategi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya berdasarkan pada peraturan walikota dan peraturan daerah kota Surabaya dalam penanganan gelandangan, pengemis dan anak jalanan di Dinas Sosial dan UPTD Liponsos Keputih Kota Surabaya. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pada pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data yang diperlukan, mereduksi data yang telah didapat, menyajikan data dengan bentuk uraian singkat, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan-perkembangan teknologi, pemasalahan pertambahan penduduk/urbanisasi yang terus meningkat merupakan salah satu masalah sosial yang semakin serius bagi beberapa wilayah di Kota Surabaya. Dalam penanganan PMKS ini, diperoleh dari hasil pelaksanaan kebijakan yang berdasar pada Perwali nomor 22 tahun 2013 dan Perda nomor 2 tahun 2014 dengan informasi keterangan yang diperoleh secara langsung dari Dinas Sosial, UPTD Liponsos Keputih, PMKS juga beberapa informan lain. Sehingga fokus penelitian ini untuk mempelajari dan mengetahui permasalahan yang ada dalam pelaksanaan pelayanan kesejahteraan sosial, sehingga dapat dipakai sebagai bahan koreksi dan masukan dalam rangka peningkatan pelayanan kesejahteraan sosial di Kota Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian terhadap implementasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya dengan mengacu pada tugas dan fungsinya tersebut, dapat dinyatakan kurang berhasil didalam pengimplementasian senyatanya di lapangan. Disamping itu peran Dinas sosial dan peran UPTD Liponsos Keputih selama ini belum dapat mengurangi jumlah gelandangan, pengemis dan anak jalanan. Dinas Sosial sangatlah perlu mengkaji ulang dan meninjau kembali peredaran gelandangan, pengemis dan anak jalanan serta mengevaluasi target pengurangan kasus PMKS di Surabaya. Untuk hal tersebut, diatas tingkat keseriusan dan ketegasan dari petugas Dinas Sosial Kota Surabaya sangat diperlukan untuk upaya penertiban serta penindakan tegas oleh pihak pemerintah Surabaya dengan tujuan untuk menekan jumlah PMKS di Kota Surabaya secara kondusif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/87/051701574
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Mar 2017 14:40
Last Modified: 22 Oct 2021 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123209
[thumbnail of Skripsi_Full_Adit.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Full_Adit.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Full_Adit.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Full_Adit.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item