Studi Analisis Isi Atas Objektivitas Berita Investigasi Pada Media Online Malangtimes.com Edisi 5 Oktober 2015–13 Maret 2016.

Muhammad, Imadudin (2017) Studi Analisis Isi Atas Objektivitas Berita Investigasi Pada Media Online Malangtimes.com Edisi 5 Oktober 2015–13 Maret 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul “Studi Analisis Isi atas Objektivitas Berita Investigasi pada Media Online Malangtimes.com Edisi 5 Oktober 2015 –13 Maret 2016”, bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas berita yang ditinjau dari konsep objektivitas berita oleh Westerstahl, melalui analisis isi sebagai metode. Penelitian ini menghitung frekuensi yang muncul dan mendeskripsikan objektivitas dalam suatu berita, dengan 4 variabel yakni, kebenaran, relevansi, keberimbangan dan netralitas. Dalam variabel kebenaran terdiri dari indikator faktualitas, akurasi dan kelengkapan. Sedangkan untuk variabel relevansi terdiri dari indikator normatif, jurnalistik, khalayak, real-world. Selanjutnya katagori objektivitas berita berdasarkan impartialitas yang terdiri dari keseimbangan yaitu peliputan dua sisi (cover both side) dan netralitas yaitu non-sensasional dan non-evaluatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah berita investigasi Malangtimes edisi 5 Oktober hingga 13 Maret 2016, yang berjumlah 50 item berita dengan menggunakan total sampling. Pemberitaan dalam media masa terutama pada media online lokal dinilai dapat mempengaruhi persepsi di dalam masyarakat, sehingga diperlukan keseimbangan dalam penyampaian berita agar sesuai dengan fakta yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media online Malangtimes.com menyajikan berita kurang objektif kepada masyarakat mengenai berita investigasi yang ditayangkan, karena masih ditemukannya kualitas indikator-indikator yang sangat rendah. Pada variabel kebenaran media Malangtimes.com memiliki kualitas yang tinggi dengan presentase setiap indikatornya, faktualitas 100 persen, akurasi 91,33 persen dan kelengkapan 72,22 persen. Sedangkan untuk variabel relevansi yang terdiri dari indikator normatif, jurnalistik, khalayak dan real-world, setiap indikator mendapatkan hasil presentase yang sama yakni 97,22. Selanjutnya, untuk variabel keberimbangan mendapatkan kualitas rendah dengan nilai presentase indikator non-evaluatif 27,78 persen dan indikator dua sisi yang kualitasnya rendah sekali dengan 19,44 persen. Sementara untuk variabel netralitas Malangtimes memiliki kualitas yang tinggi dengan presentase non-evaluatif 72,22 persen dan non-sensasional 75 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/67/051701363
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:35
Last Modified: 08 Feb 2022 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123186
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4_JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
4_JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item